PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN DESIGN THINKING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM

AMANDA , ROSALINDA (2025) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN DESIGN THINKING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (235Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (5Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model project based learning dengan pendekatan design thinking terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Jenis penelitian merupakan quasy experimen dengan desain pretest-posttest non-equivalen control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas VII SMPN 1 Melinting semester genap tahun ajaran 2024/2025. Sampel penelitian ini terdiri dari 60 peserta didik kelas VII yang diambil dari populasi berjumlah 180 melalui teknik cluster random sampling. Data kuantitatif diperoleh melalui tes dan dianalisis menggunakan Independent sample t-test, sedangkan data kualitatif diperoleh dari keterlaksanaan sintaks dan angket tanggapan lalu dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan independent sample t-test didapatkan nilai sig. (2-tailed) 0,00 < 0,05 artinya H1 diterima, dapat disimpulkan bahwa penerapan model project based learning dengan pendekatan design thinking berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif. Peningkatan kemampuan berpikir kreatif di kelas eksperimen lebih tinggi (N-Gain = 0,46) dari pada kelas kontrol (N-Gain = 0,37). Hasil ini juga didukung oleh uji effect size yang menunjukkan model PjBL dengan pendekatan design thinking berpengaruh besar (0,82) terhadap kemampuan berpikir kreatif. Indikator kemampuan berpikir kreatif tertinggi pada kelas eksperimen adalah originality (N-Gain = 0,53) sedangkan indikator terendah yaitu flexibility (N-Gain = 0,38). Hasil analisis data angket tanggapan peserta didik menunjukkan sebagian besar peserta didik setuju (88, 61%) bahwa penerapan model project based learning dengan pendekatan design thinking berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Kata Kunci: Design Thinking, Kemampuan Berpikir Kreatif, Perubahan Iklim, Project Based Learning.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2507235054 Digilib
Date Deposited: 07 Oct 2025 06:52
Terakhir diubah: 07 Oct 2025 06:52
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/90864

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir