PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR SIMBOLIK ANAK USIA 5-6 TAHUN

Ade, Susilawati (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR SIMBOLIK ANAK USIA 5-6 TAHUN. Keguruan dan ilmu pendidikan, Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (245Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (791Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (633Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir simbolik anak usia 5-6 tahun di TK Qurrota A’yun, Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian pra eksperimen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 45 anak. Menggunakan purposive sampling sebanyak 22 anak. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui observasi. Karena data pada penelitian ini kurang dari 25 sampel penelitian, maka penelitian ini menggunakan statistik non parametrik. Analisis uji hipotesis yang digunakan untuk data non parametrik pada penelitian ini yaitu uji wilcoxon signed-rank test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata kemampuan berpikir simbolik anak sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran discovery learning. Rata-rata kemampuan berpikir simbolik sesudah menggunakan model pembelajaran discovery learning adalah sebesar 59, sedangkan untuk rata-rata kemampuan berpikir simbolik sebelum menggunakan model pembelajaran discovery learning adalah sebesar 42. Dapat dinyatakan bahwa rata-rata kemampuan berpikir simbolik setelah menggunakan model pembelajaran discovery learning lebih besar dibanding rata- rata kemampuan berpikir simbolik sebelum menggunakan model pembelajaran discovery learning. Kemudian, hasil uji wilcoxon signed-rank test menunjukkan bahwa nilai Asymp.sig sebesar 0,000<0,005 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif antara model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir simbolik anak usia 5-6 tahun. Kata kunci : discovery learning, simbolik, anak usia dini

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Pengguna Deposit: 2507707619 Digilib
Date Deposited: 07 Oct 2025 06:57
Terakhir diubah: 07 Oct 2025 06:57
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/90866

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir