0513023038, Nanang (2010) PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DISERTAI PETA KONSEP TERHADAP PENGUASAAN KONSEP MATERI POKOK SISTEM KOLOID DI SMA NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG. UNSPECIFIED.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover dalam.pdf Download (16Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENGESAHKAN.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTTO.pdf Download (26Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (35Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persetujuan.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab i.pdf Download (22Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab ii.pdf Download (61Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab iii.pdf Download (45Kb) | Preview |
|
File PDF
bab iv.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (61Kb) |
||
|
File PDF
bab v.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (8Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Berdasarkan hasil obsevasi dan wawancara dengan guru kimia SMAN 4 Bandar Lampung tahun pelajaran 2007-2008 diperoleh informasi bahwa rata-rata nilai tes formatif siswa semester genap kelas XI IPA pada materi pokok sistem koloid masih rendah, yaitu 60 dan yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) hanya 40%. KKM yang ditetapkan di sekolah tersebut adalah ≥ 70 dan suatu kelas dikatakan tuntas belajar apabila dikelas tersebut 80% siswa telah mencapai nilai ≥ 70. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah ada pengaruh penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD disertai peta konsep terhadap peningkatan penguasaan konsep materi pokok sistem koloid. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak ada pengaruh penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD disertai peta konsep terhadap peningkatan penguasaan konsep materi pokok sistem koloid. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah nilai tes formatif kelas kontrol dan kelas perlakuan. Rata-rata nilai tes formatif yang diperoleh kelas kontrol sebesar 71,5, sedangkan kelas perlakuan sebesar 83,6. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penguasaan konsep kelas perlakuan lebih tinggi dari kelas kontrol. Ada pengaruh penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD disertai peta konsep terhadap peningkatan penguasaan konsep materi pokok sistem koloid. Penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD disertai peta konsep dapat meningkatkan penguasaan konsep materi pokok sistem koloid siswa dari kelompok berkemampuan rendah, sedang dan tinggi. Kata kunci: pembelajaran kooperatif tipe STAD, peta konsep, penguasaan konsep.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | UPT . Meda Sulistiana |
Date Deposited: | 28 Apr 2015 02:12 |
Terakhir diubah: | 09 Sep 2015 08:44 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/9098 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |