IMPLEMENTASI METODE SCAFFOLDING UNTUK MENINGKATKAN FREKUENSI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN BAHASA INGGRIS OLEH GURU BIOLOGI YANG MENGAJAR KELAS R-SBI DI SMPN 1 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2009/2010

0513024006, Fivin Agustina (2010) IMPLEMENTASI METODE SCAFFOLDING UNTUK MENINGKATKAN FREKUENSI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN BAHASA INGGRIS OLEH GURU BIOLOGI YANG MENGAJAR KELAS R-SBI DI SMPN 1 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2009/2010. UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (21Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (21Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (24Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTTO.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSETUJUAN.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (19Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (32Kb) | Preview
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26Kb)
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9Kb) | Preview

Abstrak

SMPN 1 Bandar Lampung merupakan salah satu sekolah yang berlabel R-SBI, tetapi belum semua guru (khususnya guru Biologi) menggunakan bahasa Inggris dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan masalah di atas maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi metode Scaffolding dalam meningkatkan pembelajaran menggunakan bahasa Inggris oleh guru Biologi yang mengajar kelas R-SBI di SMPN 1 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2009/2010. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari beberapa siklus. Pengambilan data menggunakan lembar observasi, angket, catatan lapangan dan dokumentasi. Subyek dari penelitian ini adalah guru Biologi yang mengajar kelas R-SBI yang mengajar di SMPN 1 Bandar Lampung. Berdasarkan hasil penelitian terjadi peningkatan kemampuan dalam pembelajaran menggunakan bahasa Inggris dengan menggunakan metode Scaffolding oleh guru Biologi yang mengajar kelas R-SBI. Dengan memberi latihan menggunakan metode Scaffolding terjadi peningkatan frekuensi penggunaan bahasa Inggris oleh guru. Dari siklus 1 ke siklus 2 peningkatan terjadi sebesar 13,33% dan dari siklus 2 ke siklus 3 sebesar 1,85%.. Kata kunci : R-SBI, metode Scaffolding, kemampuan bahasa Inggris.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: UPT . TIK6
Date Deposited: 28 Apr 2015 02:12
Last Modified: 09 Sep 2015 08:45
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/9099

Actions (login required)

View Item View Item