ANALISIS PENERAPAN PSE (PEMBELAJARAN SOSIAL EMOSIONAL) DENGAN METODE ROLE-PLAYING TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR

SEKAR , SARI SAPTUTI (2025) ANALISIS PENERAPAN PSE (PEMBELAJARAN SOSIAL EMOSIONAL) DENGAN METODE ROLE-PLAYING TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK_SEKAR SARI SAPTUTI 2113053253 - Copy.pdf

Download (61Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI TANPA LAMPIRAN_SEKAR SARI SAPTUTI.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (973Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN_SEKAR SARI SAPTUTI.pdf

Download (780Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini menganalisis penerapan Pembelajaran Sosial Emosional (PSE) dengan metode role-playing terhadap kecerdasan emosional peserta didik kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif fenomenologi dengan subjek penelitian 19 peserta didik dan 1 pendidik. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket terbuka, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode role-playing dalam pembelajaran sosial emosional memberikan dampak positif terhadap kecerdasan emosional peserta didik. Peserta didik menunjukkan perkembangan pada lima aspek kecerdasan emosional menurut Goleman yaitu kesadaran diri, pengendalian diri, motivasi, empati, dan keterampilan sosial. Meskipun terdapat hambatan seperti keterbatasan waktu dan ketidakpercayaan diri beberapa peserta didik, pembelajaran dengan metode role-playing tetap menunjukkan dampak yang positif terhadap kecerdasan emosional dan hubungan sosial peserta didik terlebih jika diterapkan secara konsisten dalam kegiatan pembelajaran. Kata kunci: pembelajaran sosial emosional, role-playing, kecerdasan emosional, sekolah dasar.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 304 Faktor yang mempengaruhi perilaku sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2507671127 Digilib
Date Deposited: 10 Oct 2025 08:52
Terakhir diubah: 10 Oct 2025 08:52
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91021

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir