ATIKA, DWI AUFA (2025) PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK KELAS V SD. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (340Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (3797Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (3755Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian dilatarbelakangi oleh hasil belajar peserta didik yang rendah pada mata pelajaran IPAS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar IPAS pada peserta didik kelas V SD Negeri 1 Sidodadi tahun pelajaran 2024/2025 dengan menggunakan model Pembelajaran Cooperative Learning tipe Scramble dan kelas yang menggunakan model Cooperative Learning tipe NHT. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen semu (quasi experimental design), yang menggunakan nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V yang berjumlah 45 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, karena mempertimbangkan data hasil belajar peserta didik.pada mata pelajaran IPAS. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes (pretest dan posttest), dan teknik observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe Scramble termasuk kategori sangat baik dengan ratarata 84,16. Hasil uji hipotesis menggunakan uji Man Whitney U test menunjukkan bahwa nilai Asymp Sig. (2-tailed) < 0,05, dengan signifikansi sebesar 0,001 yang artinya 0,001 < 0,05. Dengan ini membuktikan bahwa adanya perbedaan hasil yang signifikan dari model Cooperative Learning tipe Scramble terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SD. Kata kunci : Cooperative Learning, Hasil Belajar, SD, Scramble.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 2507501755 Digilib |
Date Deposited: | 10 Oct 2025 09:02 |
Terakhir diubah: | 10 Oct 2025 09:02 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91030 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |