FARIS SUCI , SENAILA (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2024/2025). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (282Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2694Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (2878Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan pendekatan realistic mathematics education terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Bandar Lampung tahun pelajaran 2024/2025 sebanyak 267 siswa yang terdistribusi ke dalam sembilan kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 30 siswa dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 30 siswa yang terpilih dengan teknik purposive sampling. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest group design. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh dari tes kemampuan representasi matematis siswa. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh bahwa kemampuan representasi matematis siswa yang mengikuti model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan pendekatan realistic mathematics education lebih tinggi daripada kemampuan representasi matematis siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan pendekatan realistic mathematics education berpengaruh terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Kata Kunci: Inkuiri terbimbing, realistic mathematics education, representasi This quasi-experimental study aims to determine the effect of the guided inquiry learning model with a realistic mathematics education approach on students' mathematical representation abilities. The study population was all eighth-grade students at SMP Negeri 8 Bandar Lampung during the 2024/2025 academic year, totaling 267 students distributed across nine classes. The sample for this study consisted of two classes: an experimental class of 30 students from class VIII A and a control class of 30 students from class VIII E, selected using a purposive sampling technique. The pretest-posttest group design was used. This study's quantitative data was obtained from a test of students' mathematical representation ability. Hypothesis testing using a t-test revealed that students who followed the guided inquiry learning model with a realistic mathematics education approach demonstrated higher mathematical representation abilities than students who followed the conventional learning model. Therefore, it can be concluded that the guided inquiry learning model with a realistic mathematics education approach affects students' mathematical representation ability. Keywords: guided inquiry learning, mathematical representation, realistic mathematics education
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Matematika |
Pengguna Deposit: | 2507770739 Digilib |
Date Deposited: | 13 Oct 2025 06:43 |
Terakhir diubah: | 13 Oct 2025 06:43 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91041 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |