IMPLEMENTASI ASSESMENT FOR LEARNING PADA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS MASALAH UNTUK MENSTIMULASI HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS)

CELINE DIAN, HUTABARAT (2025) IMPLEMENTASI ASSESMENT FOR LEARNING PADA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS MASALAH UNTUK MENSTIMULASI HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (231Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI LENGKAP.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1603Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1470Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak penerapan Assesment for Learning pada pembelajaran fisika berbasis masalah untuk menstimulasi Higher Order Thinking Skills (HOTS) peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kalianda pada semester genap tahun ajaran 2024/2025 dengan sampel penelitian kelas XI Merdeka 7. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain one group pretest-posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Assesment for Learning dalam pembelajaran berbasis masalah memberikan dampak positif terhadap peningkatan HOTS peserta didik ditinjau dari skor N-gain sebesar 0,61 yang dikategorikan sedang. Hal ini dibuktikan melalui uji statistik dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara hasil pretest dan posttest. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan Assessment for Learning dalam pembelajaran fisika berbasis masalah berdampak positif dalam menstimulasi HOTS peserta didik.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 2507833921 Digilib
Date Deposited: 13 Oct 2025 06:47
Terakhir diubah: 13 Oct 2025 06:47
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91044

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir