MANAJEMEN PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR

DAFFA SYIFAA, NABIILAH (2025) MANAJEMEN PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (165Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1633Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1372Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 5 Tegineneng dengan tujuan untuk mendeskripsikan manajemen program penguatan pendidikan karakter peserta Didik di sekolah dasar dengan sub-fokus penelitian (1) perencanaan program karakter (2) pengorganisasian program karakter (3) pelaksanaan program karakter (4) pengawasan/evaluasi program karakter. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Informan kunci yaitu kepala sekolah. Analisis data dilakukan menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan program dilakukan dengan menganalisis kondisi ideal sekolah serta karakteristik peserta didik dan tenaga kependidikan; (2) pengorganisasian program mencakup penyusunan kerangka kegiatan, pemetaan nilai karakter, program sekolah, dan alokasi waktu; (3) pelaksanaan program menyesuaikan kegiatan dengan visi, misi, dan tujuan sekolah serta karakteristik peserta didik; (4) pengawasan program dilakukan untuk mengevaluasi pencapaian tujuan, mengidentifikasi kendala, dan menentukan langkah perbaikan yang diperlukan.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 379 Masalah kebijakan publik dalam pendidikan; peraturan-peraturan pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2507732487 Digilib
Date Deposited: 14 Oct 2025 07:41
Terakhir diubah: 14 Oct 2025 07:41
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91085

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir