ADELIA, ANANDA SP (2025) ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA MENGGUNAKAN INSTRUMEN EGRA (EARLY GRADE READING ASSESSMENT) BAGI PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf Download (132Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (1074Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (932Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Kemampuan membaca peserta didik kelas I di SDN K masih menunjukkan adanya beberapa hambatan, khususnya pada tahap awal penguasaan membaca. Membaca merupakan fondasi utama dalam proses pembelajran, terutama di kelas rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan membaca peserta didik melalui aspek-aspek yang diukur dalam intrumen EGRA seperti mengenal huruf, membaca kata, membaca kata yang tidak mempunyai arti, kelancaran membaca nyaring dan menyimak (pemahaman mendengar). Jenis penelitian yaitu kualitatif yang disajikan dalam bentuk deskriptif, dengan rancangan penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, serta studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) sebagian telah mengenal huruf dari A-Z, meskipun terkadang mengalami kekeliruan dalam pengucapan huruf “b” dengan “d” serta “p” dengan “q”, “m” dengan “n”, (2) mengalami kesulitan dalam membaca huruf konsonan seperti “ng” dan “ny”, (3) dalam membaca kata yang tidak mempunyai arti, banyak peserta didik yang mengalami kesulitan dikarenakan kata tersebut jarang dijumpai atau di dengar terutama jika penggabungan huruf “x”, (4) kelancaran membaca nyaring menunjukkan beberapa harus membaca secara dieja, dan membutuhkan waktu lama serta terdapat sedikit yang tidak dapat membacanya (5) pemahaman mendengar peserta didik masih perlu pelatihan konsentrasi agar hanya fokus pada teks yang dibacakan. Kata kunci: EGRA, kemampuan membaca, peserta didik
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 2507375727 Digilib |
Date Deposited: | 14 Oct 2025 08:02 |
Terakhir diubah: | 14 Oct 2025 08:02 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91088 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |