KRITIK SOSIAL DALAM NOVEL NYALA SEMESTA KARYA FARAH QOONITA DAN IMPLIKASINYA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

DIAH , ANILI HANIS (2025) KRITIK SOSIAL DALAM NOVEL NYALA SEMESTA KARYA FARAH QOONITA DAN IMPLIKASINYA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (171Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1956Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (1613Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini mengkaji bentuk kritik sosial dalam novel Nyala Semesta karya Farah Qoonita dan implikasinya pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kritik sosial melalui tinjauan fakta kemanusiaan sosial teori strukturalisme genetik dalam novel Nyala Semesta karya Farah Qoonita dan implikasinya pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini hanya berfokus pada dunia teks sastra yang dikaitkan dengan mimetiknya. Sumber data dalam penelitian ini ialah novel Nyala Semesta karya Farah Qoonita terbitan Kanan Publishing tahun 2020. Data dalam penelitian ini ialah kalimat atau tuturan yang teridentifikasi sebagai kritik sosial dalam novel Nyala Semesta karya Farah Qoonita. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik baca dan catat, serta studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kritik sosial dalam novel Nyala Semesta karya Farah Qoonita terdiri atas kritik terhadap kesenjangan ekonomi, diskriminasi, politik, pelanggaran hak asasi manusia, dan pelanggaran hukum humaniter internasional. Hasil penelitian ini dapat dikaitkan sebagai bahan ajar pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA berbasis Kurikulum Merdeka capaian pembelajaran elemen kompetensi menulis fase F kelas XI pada buku Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia bab 3 subbab “Menulis Teks Cerita Pendek Berdasarkan Kejadian Sehari-hari”. Peserta didik diajak untuk peka melihat fakta atau kejadian nyata yang dialami secara pribadi atau orang lain. Fakta dan kejadian tersebut dapat diangkat menjadi sebuah teks cerita pendek. Dimensi profil pelajar Pancasila yang terkait, yaitu bernalar kritis dan kreatif yang diimplementasikan melalui kegiatan analisis dan menulis teks cerita pendek. Kata kunci: sosiologi sastra, kritik sosial, strukturalisme genetik

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
800 Kesusastraan, retorika, dan kritikan > 802 Aneka ragam tentang kesusastraan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: 2507767081 Digilib
Date Deposited: 15 Oct 2025 06:01
Terakhir diubah: 15 Oct 2025 06:01
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91119

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir