PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LEARNING CYCLE 5E UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR

PUTRA , YOU HENDRA (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LEARNING CYCLE 5E UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (246Kb) | Preview
[img] File PDF
2. TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3497Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. TESIS FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3361Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan kolaborasi peserta didik kelas IV dalam pembelajaran sains. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis Learning cycle 5e yang layak, praktis, dan efektif untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik sekolah dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE, yang terdiri atas tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV SD Negeri Gilih Karang Jati, dengan teknik pengumpulan data melalui validasi ahli, angket kepraktisan, dan tes Self Assessment keterampilan kolaborasi. Media dikembangkan melalui validasi oleh ahli materi, media, dan bahasa dengan hasil validasi berturut-turut sebesar 0,77037 (valid), 0,85 (sangat valid), dan 0,779167 (valid). Uji kepraktisan memperoleh nilai rata-rata sebesar 94% (respon pendidik) dan 90% (respon peserta didik), yang tergolong sangat praktis. Uji efektivitas dilakukan menggunakan desain eksperimen kuasi dengan kelompok kontrol dan eksperimen. Hasil uji N-Gain menunjukkan peningkatan keterampilan kolaborasi sebesar 0,849 pada kelompok eksperimen (kategori tinggi), dengan nilai effect size 0,935 (besar) dan hasil uji-t menunjukkan signifikansi 0,000 (p < 0,05), yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara kelompok perlakuan dan kontrol. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis Learning cycle 5e yang dikembangkan menggunakan model ADDIE dinyatakan layak, praktis, dan efektif untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik kelas IV SD. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Learning cycle 5e, Ketrampilan Kolaborasi, Sekolah Dasar

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S2 Magister Keguruan Guru SD (KGSD)
Pengguna Deposit: 2507711528 Digilib
Date Deposited: 15 Oct 2025 06:54
Terakhir diubah: 15 Oct 2025 06:54
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91193

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir