PENGARUH TERPAAN INFORMASI MENGENAI KASUS KORUPSI MANTAN REKTOR UNIVERSITAS LAMPUNG TERHADAP KEPUTUSAN MENDAFTAR DI UNIVERSITAS LAMPUNG (Studi Pada Mahasiswa Universitas Lampung Tahun Angkatan 2024)

Patresia, Meiulina (2025) PENGARUH TERPAAN INFORMASI MENGENAI KASUS KORUPSI MANTAN REKTOR UNIVERSITAS LAMPUNG TERHADAP KEPUTUSAN MENDAFTAR DI UNIVERSITAS LAMPUNG (Studi Pada Mahasiswa Universitas Lampung Tahun Angkatan 2024). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (374Kb) | Preview
[img] File PDF
Skripsi FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1692Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Skripsi.pdf

Download (1310Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pada Agustus 2022, terdapat berita mengenai kasus korupsi yang melibatkan Rektor Universitas Lampung (Unila), Prof. Dr. Karomani, M.Si., yang saat itu menjabat sebagai pemimpin tertinggi di Unila. Namun, calon-calon mahasiswa tetap memilih untuk mendaftar di Unila. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh terpaan informasi mengenai isu tersebut terhadap keputusan mahasiswa tahun 2024 untuk mendaftar di Unila. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Populasi dan sampel merupakan mahasiswa Unila tahun angkatan 2024 namun merupakan responden yang berbeda. Penelitian ini menggunakan rumus Slovin dengan teknik purposive sampling dan snowball sampling, sehingga didapatkan 100 sampel sebagai responden utama. Uji validitas menggunakan 30 responden dengan kategori yang sama namun merupakan individu yang berbeda. Hasil penelitian diuji dengan rumus regresi linear sederhana. Berdasarkan uji tersebut didapatkan nilai konstanta sebesar 32,752 dan nilai koefisien regresi sebesar 0,378 dengan arah positif. Uji hipotesis menggunakan analisis regresi linear sederhana menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara terpaan informasi mengenai isu tersebut terhadap keputusan mahasiswa untuk mendaftar/tidak, dengan nilai sebesar 12,9%, dan 87,1% dipengaruhi faktor lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terpaan informasi mengenai kasus korupsi mantan Rektor Universitas Lampung tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan responden untuk mendaftar/tidak mendaftar di Unila. Hal ini terbukti dengan semua responden telah menjadi mahasiswa Unila pada saat penelitian dilakukan. Adapun faktor-faktor yang menjadi pertimbangan kuat untuk tetap mendaftar adalah karakteristik kelembagaan, pengaruh orang lain, dan komunikasi pemasaran. Seberapa besar pengaruh faktor tersebut perlu dilakukan penelitian lebih lanjut. In August 2022, news emerged regarding a corruption case involving the Rector of the University of Lampung (Unila), Prof. Dr. Karomani, M.Si., who was serving as the highest leader of the institution at that time. However, prospective students continued to choose Unila as their preferred university. This study aims to determine the extent to which exposure to information about the issue influenced the decisions of 2024 freshmen to enroll at Unila. This research employs a quantitative approach with a survey method. The population and sample consist of 2024 Unila students, with different individuals representing each. The sample size of 100 respondents was determined using the Slovin formula and selected through purposive and snowball sampling techniques. The validity test was conducted using 30 respondents from the same category but with different individuals. Data were analyzed using a simple linear regression model. The analysis yielded a constant value of 32.752 and a regression coefficient of 0.378 with a positive direction. The hypothesis test, using simple linear regression, indicated that exposure to information regarding the corruption issue had an influence of 12.9% on students’ enrollment decisions, while the remaining 87.1% was affected by other factors. The findings show that exposure to information about the corruption case involving the former Rector of the University of Lampung did not have a significant effect on respondents’ decisions to enroll. This is evidenced by the fact that all respondents had already become Unila students when the study was conducted. Factors that strongly influenced their decisions to enroll included institutional characteristics, social influence, and marketing communication. Further research is needed to measure the extent of these influencing factors.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 304 Faktor yang mempengaruhi perilaku sosial
Program Studi: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK (FISIP) > Prodi S1-Ilmu Komunikasi
Pengguna Deposit: 2507604950 Digilib
Date Deposited: 16 Oct 2025 03:22
Terakhir diubah: 16 Oct 2025 03:22
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91249

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir