Salsabila , Torisa (2025) PENGARUH MODEL GUIDED INQUIRY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas 8 SMP Negeri 2 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Ajaran 2024/2025). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
SKRIPSI (ABSTRAK) SALSABILA TORISA - SALSABILA TORISA.pdf Download (210Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
SKRIPSI SALSABILA TORISA FULL DIGILIB - SALSABILA TORISA.pdf Restricted to Hanya staf Download (2657Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
SKRIPSI SALSABILA TORISA TANPA PEMBAHASAN - SALSABILA TORISA.pdf Download (2543Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Kemampuan komunikasi matematis merupakan komponen dalam kemampuan berpikir tingkat tinggi yang penting dalam pembelajaran abad 21 yang mendukung pemecahan masalah matematika yang kompleks. Tujuan dilaksanakannya penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran guided inquiry terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) terintegrasi kuantitatif dan menggunakan pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu semua siswa kelas 8 SMPN 2 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2024/2025 yang terdistribusi dalam 10 kelas. Sampel penelitian dipilih melalui teknik purposive sampling, yaitu kelas 8.1 dengan 28 siswa sebagai kelas eksperimen dan 8.4 dengan 32 siswa sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis statistik dengan uji Mann-Whitney U dan uji lanjutan diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran guided inquiry lebih tinggi dibandingkan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Dengan demikian, penerapan pembelajaran guided inquiry berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata kunci: kemampuan komunikasi matematis, pembelajaran guided inquiry. Mathematical communication skills are one of the components of higher-order thinking skills that are important in 21st-century learning and support complex mathematical problem-solving. The purpose of this study was to determine the effect of guided inquiry learning on improving students' mathematical communication skills. This is quasi-experimental research with a quantitative approach and uses a pretest-posttest control group design. The population in this study were all 8th grade students of SMPN 2 Bandar Lampung 2024/2025 Academic Year which were distributed in 8 classes. The research sample was selected through a purposive sampling technique, namely class 8.1 with 28 students as the experimental class and 8.4 with 32 students as the control class. Based on the results of statistical analysis with the Mann-Whitney U test, it was concluded that the mathematical communication skills of students who received guided inquiry learning was higher than the students who received conventional learning. Therefore, the implementation of guided inquiry learning has an effect on students’ mathematical communication skills. Keywords: Guided inquiry learning, mathematical communication skills.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Matematika |
Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 16 Oct 2025 06:24 |
Terakhir diubah: | 16 Oct 2025 06:24 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91299 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |