PENGARUH PERMAINAN ESTAFET BOLA TERHADAP PERILAKU SOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN

Holifa , Arba Arafi (2025) PENGARUH PERMAINAN ESTAFET BOLA TERHADAP PERILAKU SOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT - Holifa Arba Arafi.pdf

Download (244Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL - Holifa Arba Arafi.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1332Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Holifa Arba Arafi.pdf

Download (1246Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan estafet bola terhadap perilaku sosial anak usia 5-6 tahun. Permainan estafet bola merupakan salah satu metode pembelajaran aktif yang diyakini dapat menstimulasi perkembangan sosial anak, seperti kemampuan bekerjasama, berbagi, menghargai orang lain, dan membantu sesama. Penelitian ini menggunakan kuantitatif pre- eksperimen one-group pretest-posttest design. Dengan subjek penelitian adalah 24 anak Kelompok B TK Cut Mutia Bandar Lampung, yang dipilih melalui teknik sampek jenuh. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi dan dianalisis menggunakan uji Wilcoxon pada program SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan perilaku sosial anak setelah diberikan perlakuan permainan estafet bola, dengan seluruh subjek mencapai kategori Berkembang Sangat Baik pada post test. Berdasarkan uji statistik, diperoleh nilai signifikasi < 0,05 yang artinya menunjukkan bahwa permainan estafet bola berpengaruh secara sognifikan terhadap perilaku sosial anak usia 5-6 tahun. Kata kunci : perilaku sosial, permainan estafet bola, anak usia 5-6 tahun This study aims to determine the effect of ball relay games on the social behavior of children aged 5–6 years. The ball relay game is one of the active learning methods believed to stimulate children’s social development, such as the ability to cooperate, share, show respect for others, and help others. This research used a quantitative pre-experimental method with a one-group pretest-posttest design. The research subjects consisted of 24 children in Group B at TK Cut Mutia, Bandar Lampung, selected using a saturated sampling technique. The instrument used was an observation sheet, and data were analyzed using the Wilcoxon test with SPSS 25. The results of this study showed an improvement in children's social behavior after being given the ball relay game intervention, with all subjects reaching the "Very Well Developed" category in the post-test. Based on statistical analysis, a significance value of < 0.05 was obtained, indicating that the ball relay game has a significant effect on the social behavior of children aged 5–6 years. Keywords: social behavior, ball relay game, early childhood.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Anak Usia Dini PG-PAUD
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 17 Oct 2025 01:22
Terakhir diubah: 17 Oct 2025 01:22
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91344

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir