ABREVIASI PADA BERITA UTAMA TRIBUN LAMPUNG EDISI MEI 2010 DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA DI SMP

0643041038, Septi Kumala (2010) ABREVIASI PADA BERITA UTAMA TRIBUN LAMPUNG EDISI MEI 2010 DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA DI SMP. UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (30Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (24Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar lambang.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSETUJUAN.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (26Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (111Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81Kb)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (15Kb) | Preview

Abstrak

Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah abreviasi pada berita utama Tribun Lampung edisi Mei 2010. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan abreviasi berupa singkatan dan akronim pada berita utama tersebut. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Sumber data sebanyak 31 berita utama. Berdasarkan 31 berita utama tersebut, ditemukan 80 singkatan dan 62 akronim. Abreviasi khususnya singkatan dan akronim dalam penelitian ini dianalisis berdasarkan 2 hal, yaitu bentuk dan penulisannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, bentuk singkatan terjadi melalui 3 proses, yaitu (1) pengekalan huruf pertama tiap komponen ada 75 singkatan, (2) pengekalan huruf pertama dengan pelesapan konjungsi ada 4 singkatan, dan (3) pengekalan huruf pertama dan terakhir kata ada 1 singkatan. Bentuk akronim terjadi melalui 10 proses, yaitu (1) pengekalan bagian awal komponen ada 35 akronim, (2) pengekalan awal dan tengah komponen ada 5 akronim, (3) Pengekalan bagian awal dan akhir komponen ada 10 akronim, (4) pengekalan awal, tengah, dan akhir komponen ada 5 akronim, (5) pengekalan akhir komponen dan pelesapan kata ada 1 akronim, (6) pengekalan tengah dan akhir komponen ada 1 akronim, (7) pengekalan awal komponen dan komponen utuh ada 1 akronim, (8) pengekalan awal komponen dan pelesapan konjungsi ada 1 akronim, (9) pengekalan awal dan tengah komponen serta pelesapan konjungsi ada 2 akronim, dan (10) pengekalan awal dan akhir komponen serta pelesapan konjungsi ada 1 akronim. Berdasarkan kaidah, ditemukan 2 kesalahan penulisan, yaitu penulisan singkatan dan penulisan akronim. Kesalahan penulisan singkatan ada 1, yakni kesalahan pemakaian tanda titik, sedangkan kesalahan penulisan akronim ada 8 akronim, yakni kesalahan penulisan huruf kapital. Implikasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP adalah singkatan dan akronim yang terdapat dalam surat kabar dapat digunakan sebagai salah satu sumber belajar untuk pembelajaran menyunting yang terdapat pada KTSP 2006 jenjang SMP kelas IX semester 1.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: UPT . TIK6
Date Deposited: 28 Apr 2015 02:15
Last Modified: 19 Oct 2015 03:56
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/9138

Actions (login required)

View Item View Item