0643041038, Septi Kumala (2010) ABREVIASI PADA BERITA UTAMA TRIBUN LAMPUNG EDISI MEI 2010 DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA DI SMP. UNSPECIFIED.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (30Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER.pdf Download (24Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (16Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar lambang.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PENGESAHAN.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSETUJUAN.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (26Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (111Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB V.pdf Download (16Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (81Kb) |
||
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (15Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah abreviasi pada berita utama Tribun Lampung edisi Mei 2010. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan abreviasi berupa singkatan dan akronim pada berita utama tersebut. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Sumber data sebanyak 31 berita utama. Berdasarkan 31 berita utama tersebut, ditemukan 80 singkatan dan 62 akronim. Abreviasi khususnya singkatan dan akronim dalam penelitian ini dianalisis berdasarkan 2 hal, yaitu bentuk dan penulisannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, bentuk singkatan terjadi melalui 3 proses, yaitu (1) pengekalan huruf pertama tiap komponen ada 75 singkatan, (2) pengekalan huruf pertama dengan pelesapan konjungsi ada 4 singkatan, dan (3) pengekalan huruf pertama dan terakhir kata ada 1 singkatan. Bentuk akronim terjadi melalui 10 proses, yaitu (1) pengekalan bagian awal komponen ada 35 akronim, (2) pengekalan awal dan tengah komponen ada 5 akronim, (3) Pengekalan bagian awal dan akhir komponen ada 10 akronim, (4) pengekalan awal, tengah, dan akhir komponen ada 5 akronim, (5) pengekalan akhir komponen dan pelesapan kata ada 1 akronim, (6) pengekalan tengah dan akhir komponen ada 1 akronim, (7) pengekalan awal komponen dan komponen utuh ada 1 akronim, (8) pengekalan awal komponen dan pelesapan konjungsi ada 1 akronim, (9) pengekalan awal dan tengah komponen serta pelesapan konjungsi ada 2 akronim, dan (10) pengekalan awal dan akhir komponen serta pelesapan konjungsi ada 1 akronim. Berdasarkan kaidah, ditemukan 2 kesalahan penulisan, yaitu penulisan singkatan dan penulisan akronim. Kesalahan penulisan singkatan ada 1, yakni kesalahan pemakaian tanda titik, sedangkan kesalahan penulisan akronim ada 8 akronim, yakni kesalahan penulisan huruf kapital. Implikasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP adalah singkatan dan akronim yang terdapat dalam surat kabar dapat digunakan sebagai salah satu sumber belajar untuk pembelajaran menyunting yang terdapat pada KTSP 2006 jenjang SMP kelas IX semester 1.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah |
Pengguna Deposit: | UPT . Meda Sulistiana |
Date Deposited: | 28 Apr 2015 02:15 |
Terakhir diubah: | 19 Oct 2015 03:56 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/9138 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |