Inggit Puspita , Ningrum (2025) PENGEMBANGAN MEDIA GOOGLE SITES BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
Abstrak INGGIT PUSPITA NINGRUM - Inggit Puspita.pdf Download (2013Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
TESIS TANPA PEMBAHASAN INGGIT PUSPITA NINGRUM - Inggit Puspita.pdf Restricted to Hanya staf Download (1218Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
TESIS INGGIT PUSPITA NINGRUM - Inggit Puspita.pdf Download (9Mb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Kemampuan yang paling dibutuhkan era Revolusi 5.0 adalah kemampuan pemecahan masalah, namun kemampuan pemecahan masalah di Indonesia masih rendah hal ini dibuktikan dengan rendah nya peringkat Indonesia pada hasil studi PISA tahun 2022 dan studi pendahuluan. Hal itu diakibatkan oleh kurang tepatnya media dan model pembelajaran yang digunakan guru. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan pengembangan media Google Sites berbasis Problem Based Learning yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Penelitian dan pengembangan (Research and Development) atau biasa disebut R&D ini disusun dengan mengikuti tahapan ADDIE, yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Penelitian dilakukan pada kelas X SMK SMTI Bandar Lampung, semester genap Tahun Ajaran 2024/2025, pada materi SPLTV. Pemilihan subjek uji coba kelompok kecil melalui teknik purposive sampling, sedangkan kelompok besar dipilih menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi tes, angket, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kevalidan, analisis kepraktisan, dan analisis keefektifan yang menggunakan uji Independet sample T-test. Melalui analisis kevalidan, analisis kepraktisan, dan analisis keefektifan, diperoleh bahwa Media Pembelajaran Google Sites berbasis Model PBL yang telah dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Kata Kunci: Google Sites, Pemecahan Masalah, Media Pembelajaran, Model PBL The most needed skill in the Revolution 5.0 era is problem-solving skills, but problem-solving skills in Indonesia are still low, as evidenced by Indonesia's low ranking in the 2022 PISA study results and preliminary studies. This is due to the inaccuracy of the media and learning models used by teachers. Therefore, this study aims to produce the development of Google Sites media based on Problem Based Learning that meets the criteria of being valid, practical, and effective in improving students' problem-solving skills. Research and development (Research and Development) or commonly called R&D is compiled by following the ADDIE stages, namely Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The research was conducted in class X of SMK SMTI Bandar Lampung, even semester of the 2024/2025 Academic Year, on the SPLTV material. The selection of small group trial subjects used the purposive sampling technique, while the large group was selected using the Cluster Random Sampling technique. Data collection techniques used include tests, questionnaires, and interviews. The data analysis techniques used are validity analysis, practicality analysis, and effectiveness analysis using the Independent sample T-test. Through validity analysis, practicality analysis, and effectiveness analysis, it was obtained that the Google Sites Learning Media based on the PBL Model that had been developed met the criteria of being valid, practical, and effective in improving students' problem- solving abilities. Keywords: Google Sites, Problem Solving Skills, Learning Media, PBL Model.
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika |
Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S2 Magister Pendidikan Matematika |
Pengguna Deposit: | UPT . Ery Elyasari |
Date Deposited: | 18 Oct 2025 08:04 |
Terakhir diubah: | 18 Oct 2025 08:04 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91446 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |