PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN SPINNING WHEEL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS V SEKOLAH DASAR

Ririn , Dwiyanti (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN SPINNING WHEEL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS V SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (180Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL BAB.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1180Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI tanpa bab pembahasan.pdf

Download (924Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian membahas masalah tentang penggunaan media pembelajaran yang belum memaksimalkan kemampuan berpikir kreatif pada peserta didik mata pelajaran Pendidikan Pancasila di kelas V SD Negeri 2 Kota Gajah. Masalah tersebut muncul karena kurangnya penggunaan media pembelajaran yang mendorong peserta didik untuk lebih kreatif dalam pembelajaran. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh penggunaan media spinning wheel terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas V Sekolah Dasar. Jenis penelitian eksperimen dengan desain penelitian non-equivalent control group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Sampel menggunakan teknik purpose sampling, sebanyak 42 peserta didik. Hasil uji regresi sederhana menunjukkan terdapat pengaruh penggunaan media spinning wheel terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas V Sekolah Dasar. Sehingga, media spinning wheel dapat dijadikan alternatif bagi pendidik dalam pemilihan media pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Kata kunci : media, kemampuan berpikir kreatif, spinning wheel

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2507997631 Digilib
Date Deposited: 20 Oct 2025 04:13
Terakhir diubah: 20 Oct 2025 04:13
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91475

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir