PENGARUH MODEL PBL BERBANTU E-LKPD LIVEWORKSHEETS TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KOLABORASI PESERTA DIDIK PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM BEORIENTASI SDGs

Nanda , Hasian (2025) PENGARUH MODEL PBL BERBANTU E-LKPD LIVEWORKSHEETS TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KOLABORASI PESERTA DIDIK PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM BEORIENTASI SDGs. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - NANDA HASIAN.pdf

Download (151Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL TANPA LAMPIRANN - NANDA HASIAN.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2863Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASANN - NANDA HASIAN.pdf

Download (2865Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan model PBL berbantu e-LKPD Liveworksheets pada materi perubahan iklim berorientasi SDGs terhadap keterampilan berpikir kritis dan kolaborasi peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan ialah quasi eksperimen. Sampel penelitian terdiri dari dua kelompok yang dipilih dengan teknik Cluster Random Sampling. Penelitian ini menggunakan desain Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group. Data penelitian didapatkan dengan memberikan pretest dan posttest untuk kemampuan berpikir kritis serta lembar observasi untuk keterampilan kolaborasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL berbantu e-LKPD Liveworksheets pada materi perubahan iklim berorientasi SDGs berpengaruh signifikan terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik (Sig. (2 tailed) 0,00 < 0,05) dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,64 (sedang) serta berpengaruh terhadap keterampilan kolaborasi peserta didik dengan rata-rata persentase sebesar 81,2% (baik). Dengan demikian pembelajaran dengan model PBL berbantu e-LKPD Liveworksheets pada materi perubahan iklim berorientasi SDGs berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis dan kolaborasi peserta didik. Kata Kunci: Problem Based Learning, Berpikir Kritis, Kolaborasi, SDGs This study aims to determine the effect of the application of the PBL model assisted by e-LKPD Liveworksheets on SDGs-oriented climate change material on students' critical thinking and collaboration skills. The type of research used is quasi- experimental. The research sample consisted of two groups selected using the Cluster Random Sampling technique. This study used the Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group design. The research data were obtained by providing a pretest and posttest for critical thinking skills and an observation sheet for collaboration skills. The results showed that the application of the PBL model assisted by e-LKPD Liveworksheets on SDGs-oriented climate change material had a significant effect on improving students' critical thinking skills (Sig. (2 tailed) 0.00 <0.05) with an average N-Gain of 0.64 (moderate) and influenced students' collaboration skills with an average percentage of 81.2% (good). Thus, learning with the PBL model assisted by e-LKPD Liveworksheets on SDGs-oriented climate change material has a significant effect on students' critical thinking and collaboration skills. Keywords: Problem Based Learning, Critical Thinking, Collaboration, SDGs

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 20 Oct 2025 06:04
Terakhir diubah: 20 Oct 2025 06:04
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91504

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir