IMPLEMENTASI GUIDED INQUIRY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF DAN KEMAMPUAN SELF EFFICACY PESERTA DIDIK SMA

Tamara , Januardina Manik (2025) IMPLEMENTASI GUIDED INQUIRY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF DAN KEMAMPUAN SELF EFFICACY PESERTA DIDIK SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT - Tamara Januardina Manik.pdf

Download (221Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL - Tamara Januardina Manik.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1549Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Tamara Januardina Manik.pdf

Download (1460Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran guided inquiry terhadap peningkatan keterampilan metakognitif dan kemampuan self efficacy peserta didik SMA. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas XI di SMAN 5 Bandar Lampung tahun ajaran 2024/2025, yaitu kelas XI F6 sebagai kelas eksperimen dan XI F4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan meliputi tes uraian untuk mengukur keterampilan metakognitif serta angket untuk mengukur self efficacy. Hasil analisis menunjukkan bahwa pembelajaran Guided inquiry efektif meningkatkan keterampilan metakognitif peserta didik, dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,96 pada kelas eksperimen dan 0,72 pada kelas kontrol. Namun, model ini tidak menunjukkan efektivitas yang signifikan dalam meningkatkan self efficacy, dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,13 pada kelas eksperimen dan 0,07 pada kelas kontrol. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran guided inquiry efektif dalam meningkatkan keterampilan metakognitif, tetapi kurang berdampak signifikan terhadap peningkatan self efficacy peserta didik. Kata kunci: Guided inquiry, Keterampilan Metakognitif, Self Efficacy This study aims to determine the effect of the guided inquiry learning model on improving metacognitive skills and self-efficacy among high school students. The method used is a quasi-experimental design with a pretest-posttest control group design. The research sample consists of two 11th-grade classes at SMAN 5 Bandar Lampung for the 2024/2025 academic year, namely class XI F6 as the experimental class and XI F4 as the control class. The instruments used included an essay test to measure metacognitive skills and a questionnaire to measure self- efficacy. The analysis results showed that guided inquiry learning was effective in improving students' metacognitive skills, with an average N-Gain of 0.96 in the experimental class and 0.72 in the control class. However, this model did not show significant effectiveness in improving self-efficacy, with an average N-Gain of 0.13 in the experimental class and 0.07 in the control class. Therefore, it can be concluded that the guided inquiry learning model is effective in improving metacognitive skills but has limited significant impact on enhancing students' self- efficacy. Keyword: Guided inquiry, Metacognitive Skills, Self Efficacy

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 20 Oct 2025 07:34
Terakhir diubah: 20 Oct 2025 07:34
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91533

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir