ANALISIS INTENSITAS PENGGUNAAN GADGET TERHADAP INTERAKSI SOSIAL PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR

Andriyani , Merkuri (2025) ANALISIS INTENSITAS PENGGUNAAN GADGET TERHADAP INTERAKSI SOSIAL PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK Fix - Andriyani Merkury.pdf

Download (181Kb) | Preview
[img] File PDF
Skripsi tanpa lampiran - Andriyani Merkury.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1534Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
skripsi tanpa lampiran dan pembahasan - Andriyani Merkury.pdf

Download (1384Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah intensitas penggunaan gadget peserta didik yang tinggi dan belum terkontrol akibatnya berdampak pada interaksi sosialnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan bentuk intensitas penggunaan gadget peserta didik di rumah, dan dampak penggunaan gadget dalam keterampilan interaksi sosial peserta didik di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Informan dalam penelitian ini yaitu peserta didik, orang tua, dan pendidik kelas IV SD Negeri 6 Metro Timur. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu mengumpulkan data, mereduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar peserta didik menggunakan gadget setiap hari dengan durasi antara 3 hingga 5 jam. Waktu penggunaan paling dominan adalah pada sore hingga malam hari. Gadget lebih sering digunakan untuk hiburan seperti menonton video dan bermain game, dibandingkan untuk kegiatan belajar. Pengawasan orang tua terhadap penggunaan gadget cenderung tidak konsisten dan sebagian besar bersifat pasif, yang mengakibatkan anak-anak menggunakan gadget tanpa arahan yang jelas. Intensitas penggunaan gadget yang tinggi berdampak negatif pada interaksi sosial peserta didik. Anak- anak menjadi kurang aktif dalam kegiatan kelompok, cenderung memilih berinteraksi dengan kelompok tertentu saja, dan tidak menunjukkan antusiasme dalam kegiatan sosial sekolah. Mereka juga cenderung pasif saat berdiskusi, enggan berkomunikasi secara terbuka, dan menunjukkan gejala keterbatasan dalam menjalin hubungan sosial yang baik. Kata Kunci : gadget, interaksi sosial, peserta didik The problem in this research was the high and uncontrolled intensity of gadget use among elementary school students, which affected their social interactions. This study aimed to analyze the impact of gadget usage intensity on the social interaction of elementary school students. The research employed a qualitative method with a phenomenological approach. The informants in this study were students, parents, and fourth-grade teachers at SD Negeri 6 Metro Timur. Data collection was conducted through interviews, observation, and documentation. The data analysis techniques used included data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The findings revealed that most students used gadgets daily for durations ranging from 3 to 5 hours. The most dominant usage time occurred in the afternoon until the evening. Gadgets were more frequently used for entertainment, such as watching videos and playing games, rather than for learning activities. Parental supervision of gadget use tended to be inconsistent and mostly passive, which led to children using gadgets without clear guidance. The high intensity of gadget used had a negative impact on students’ social interactions. The children became less active in group activities, tended to interact only with certain peer groups, and did not show enthusiasm for school social activities. They were also passive during discussions, reluctant to communicate openly, and showed signs of limitations in building good social relationships. Keywords: gadgets, social interaction, students

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Siswanti
Date Deposited: 20 Oct 2025 13:28
Terakhir diubah: 20 Oct 2025 13:28
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91554

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir