PENGARUH MODEL PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA EDUCANDY TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS V SD

Dinda , Rahmawati (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA EDUCANDY TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS V SD. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
Abstrak_Dinda Rahmawati_2113053138 - Dinda Rahmawati.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img] File PDF
Skripsi_Dinda Rahmawati_2113053138_Full BAB 1-5 - Dinda Rahmawati.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2088Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Skripsi_Dinda Rahmawati_2113053138_Tanpa Pembahasan - Dinda Rahmawati.pdf

Download (1822Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya tingkat penguasaan kosakata Bahasa Indonesia peserta didik kelas V di SD Negeri 1 Metro Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan model pembelajaran problem-based learning berbantuan media educandy terhadap penguasaan kosakata Bahasa Indonesia peserta didik kelas V Sekolah Dasar. Metode penelitian menggunakan Quasi Experimental Design dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Populasi penelitian ini berjumlah 49 dan sampel yang digunakan yaitu 49 peserta didik, sampel ditentukan dengan teknik sampling jenuh. Data dianalisis dengan uji Independent Sample T-Test. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran problem-based learning berbantuan media educandy terhadap penguasaan kosakata Bahasa Indonesia peserta didik kelas V SD Negeri 1 Metro Timur tahun ajaran 2024/2025. Kata Kunci: educandy, kosakata, problem-based learning The problem in this study was the low level of Indonesian vocabulary mastery of grade V students at SD Negeri 1 Metro Timur. This study aimed to determine the effect of implementing the Problem-Based Learning model assisted by Educandy media on the vocabulary mastery of Indonesian language in grade V elementary school students. The research method used a Quasi-Experimental Design with a Nonequivalent Control Group Design. The data collection technique used a test. The population of this research consisted of 49 students, and the sample were the same 49 students, selected using a saturated sampling technique. The data was analyzed using the Independent Sample T-Test. The results of the study showed that there was a significant effect of implementing the Problem-Based Learning model assisted by Educandy media on the vocabulary mastery of Indonesian in grade V students at SD Negeri 1 Metro Timur in the 2024/2025 academic year. Keyword: educandy, vocabulary, problem-based learning

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 21 Oct 2025 02:57
Terakhir diubah: 21 Oct 2025 02:57
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91560

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir