PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKN KELAS VII SMP NEGERI 3 JATI AGUNG LAMPUNG SELATAN

Al Fina , Damayanti (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKN KELAS VII SMP NEGERI 3 JATI AGUNG LAMPUNG SELATAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (181Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3412Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2085Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Role Playing dalam meningkatkan hasil belajar PPKn kelas VII SMPN 3 Jati Agung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasieksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini yakni peserta didik kelas VII SMPN 3 Jati Agung. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 72 responden. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan bantuan SPSS versi 25. Berdasarkan hasil perhitungan uji Independent Samples Test yang digunakan terdapat pengaruh adanya model pembelajaran Role Playing dalam meningkatkan hasil belajar PPKn kelas VII SMPN 3 Jati Agung. Berdasarkan uji N-Gain Score mempunyai efektifitas sebesar 55,88% yang dapat dikategorikan cukup efektif. Model pembelajaran Role Playing merupakan metode yang melibatkan siswa dalam memainkan peran tertentu sesuai dengan materi pelajaran, sehingga menciptakan pengalaman belajar yang aktif dan bermakna. Dengan metode ini, siswa dapat lebih mudah memahami konsep karena terlibat langsung dalam situasi yang menyerupai kehidupan nyata. Role Playing juga melatih keterampilan komunikasi, kerja sama, dan empati, yang secara tidak langsung mendukung peningkatan hasil belajar. Ketika siswa merasa tertarik dan terlibat, motivasi belajar pun meningkat, yang berdampak positif pada pencapaian akademik mereka. Kata kunci: Model Pembelajaran Role Playing, Hasil Belajar, PPKn, Peserta Didik

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN)
Pengguna Deposit: 2507560640 Digilib
Date Deposited: 21 Oct 2025 04:20
Terakhir diubah: 21 Oct 2025 04:20
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91577

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir