0713053055 , Sumarti (2012) PENERAPAN PEMBELAJARAN TERPADU MODEL CONNECTED UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS IVC SDN 11 METRO PUSAT. UNSPECIFIED.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (78Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover dalam.pdf Download (66Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover depan.pdf Download (63Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (16Kb) | Preview |
|
|
File PDF
moto.pdf Download (37Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pengesahan.pdf Download (59Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pernyataan.pdf Download (56Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persembahan.pdf Download (47Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persetujuan.pdf Download (58Kb) | Preview |
|
|
File PDF
riwayat hidup.pdf Download (48Kb) | Preview |
|
|
File PDF
sanwacana.pdf Download (71Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab 1.pdf Download (32Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab II.pdf Download (46Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab III.pdf Download (67Kb) | Preview |
|
File PDF
Bab IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (189Kb) |
||
|
File PDF
Bab V.pdf Download (20Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial (IPS) siswa kelas IVC SD Negeri 11 Metro Pusat. Pelajaran IPS sering kali menjadi pelajaran yang membosankan karena guru menekan pada kegiatan menghafal, bukan pada pemahaman siswa mengenai fakta, konsep dan generalisasi sera isu-isu sosial yang ada dimasyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki pembelajaran dalam hal meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, melalui penerapan pembelajaran terpadu model Connected. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan dengan tiga (3) siklus dan masing-masing siklus dilakukan melalui empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Metode ini dipilih karena penelitian menuntut kajian dan tindakan secara reflektif, kolaborasi, dan partisipasi berdasarkan situasi alamiah yang terjadi dalam pelaksanaan pembelajaran. Data diperoleh melalui observasi dan tes dengan menggunakan panduan observasi dan soal-soal tes. Data yang terkumpul kemudian di analisis dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan penerapan pembelajaran terpadu model connected, dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IVC SD Negeri 11 Metro Pusat. Hasil pengamatan terhadap aktivitas siswa terlihat terjadi peningkatan disetiap siklusnya. Rata-rata siklus I yaitu 61,68 % meningkat menjadi 80,13% disiklus II, dan disiklus III meningkat menjadi 85,33%. Hasil belajar IPS meningkat tiap siklusnya. Nilai rata-rata siklus I yaitu 66,97 meningkat menjadi 73,20 disiklus II, dan disiklus III meningkat menjadi 83,03. Berdasarkan hasil temuan, disarankan pada guru hendaknya menggunakan penerapan pembelajaran terpadu model connected untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata kunci: pembelajaran terpadu model connected, aktivitas, hasil belajar.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | UPT . Meda Sulistiana |
Date Deposited: | 28 Apr 2015 02:32 |
Terakhir diubah: | 19 Oct 2015 04:32 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/9159 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |