PENERAPAN PEMBELAJARAN TERPADU MODEL CONNECTED UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS IVC SDN 11 METRO PUSAT

0713053055 , Sumarti (2012) PENERAPAN PEMBELAJARAN TERPADU MODEL CONNECTED UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS IVC SDN 11 METRO PUSAT. UNSPECIFIED.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (78Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
cover dalam.pdf

Download (66Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
cover depan.pdf

Download (63Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
moto.pdf

Download (37Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
pengesahan.pdf

Download (59Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
pernyataan.pdf

Download (56Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
persembahan.pdf

Download (47Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
persetujuan.pdf

Download (58Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
riwayat hidup.pdf

Download (48Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
sanwacana.pdf

Download (71Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
Bab 1.pdf

Download (32Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
Bab II.pdf

Download (46Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
Bab III.pdf

Download (67Kb) | Preview
[img] FIle PDF
Bab IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (189Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
Bab V.pdf

Download (20Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial (IPS) siswa kelas IVC SD Negeri 11 Metro Pusat. Pelajaran IPS sering kali menjadi pelajaran yang membosankan karena guru menekan pada kegiatan menghafal, bukan pada pemahaman siswa mengenai fakta, konsep dan generalisasi sera isu-isu sosial yang ada dimasyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki pembelajaran dalam hal meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, melalui penerapan pembelajaran terpadu model Connected. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan dengan tiga (3) siklus dan masing-masing siklus dilakukan melalui empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Metode ini dipilih karena penelitian menuntut kajian dan tindakan secara reflektif, kolaborasi, dan partisipasi berdasarkan situasi alamiah yang terjadi dalam pelaksanaan pembelajaran. Data diperoleh melalui observasi dan tes dengan menggunakan panduan observasi dan soal-soal tes. Data yang terkumpul kemudian di analisis dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan penerapan pembelajaran terpadu model connected, dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IVC SD Negeri 11 Metro Pusat. Hasil pengamatan terhadap aktivitas siswa terlihat terjadi peningkatan disetiap siklusnya. Rata-rata siklus I yaitu 61,68 % meningkat menjadi 80,13% disiklus II, dan disiklus III meningkat menjadi 85,33%. Hasil belajar IPS meningkat tiap siklusnya. Nilai rata-rata siklus I yaitu 66,97 meningkat menjadi 73,20 disiklus II, dan disiklus III meningkat menjadi 83,03. Berdasarkan hasil temuan, disarankan pada guru hendaknya menggunakan penerapan pembelajaran terpadu model connected untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata kunci: pembelajaran terpadu model connected, aktivitas, hasil belajar.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Meda Sulistiana
Date Deposited: 28 Apr 2015 02:32
Terakhir diubah: 19 Oct 2015 04:32
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/9159

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir