PENGEMBANGAN LKPD PADA PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS

BAGUS , YANTO (2025) PENGEMBANGAN LKPD PADA PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSRTAK - bagus yanto.pdf

Download (1075Kb) | Preview
[img] File PDF
Tesis revisi Bagus Yanto_Full_Tanpa Lampiran - bagus yanto.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2249Kb) | Minta salinan
[img] File PDF
Tesis revisi Bagus Yanto_Full_Tanpa BAB Pembahasan & Lampiran_removed - bagus yanto.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1857Kb) | Minta salinan

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) yang bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan tutor sebaya yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir reflektif matematis peserta didik. Model pengembangan yang digunakan mengacu pada model ADDIE yang terdiri dari lima tahap: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation.Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII di salah satu SMP di Kotabumi, yang dibagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi, angket kepraktisan, dan tes kemampuan berpikir reflektif matematis.Hasil validasi menunjukkan bahwa LKPD memenuhi kriteria valid dengan skor rata-rata 76,5% dari ahli materi dan 66,7% dari ahli media. Uji kepraktisan menunjukkan bahwa LKPD tergolong sangat praktis berdasarkan respon peserta didik (80,7%) dan guru (81,7%). Efektivitas LKPD ditunjukkan melalui peningkatan kemampuan berpikir reflektif matematis, dengan nilai N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,62 dan kelas kontrol sebesar 0,41. Hasil uji-t memperoleh nilai thitung = 2,08 dengan signifikansi 0,021 (<0,05), yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol. Selain itu, lebih dari 60% peserta didik di kelas eksperimen memperoleh nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Dengan demikian, LKPD berbasis masalah dengan pendekatan tutor sebaya yang dikembangkan dinyatakan valid, sangat praktis, dan efektif secara klasikal maupun statistik dalam meningkatkan kemampuan berpikir reflektif matematis peserta didik. Kata Kunci: LKPD, Pembelajaran Berbasis Masalah, Tutor Sebaya, Berpikir Reflektif Matematis This study is a research and development (R&D) project aimed at producing a Student Worksheet (LKPD) for problem-based learning with a peer tutoring approach that is valid, practical, and effective in improving students’ mathematical reflective thinking skills. The development model used refers to the ADDIE model, which consists of five stages: Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation.The subjects of this study were eighth-grade students at a junior high school in Kotabumi, divided into experimental and control classes. The research instruments included validation sheets, practicality questionnaires, and tests on mathematical reflective thinking skills.The validation results indicated that the LKPD met the validity criteria, with average scores of 76.5% from content experts and 66.7% from media experts. The practicality test showed that the LKPD was highly practical, based on student responses (80.7%) and teacher responses (81.7%). The effectiveness of the LKPD was demonstrated by the improvement in reflective thinking skills, with an average N-Gain of 0.62 in the experimental class and 0.41 in the control class. The t-test result showed a tvalue of 2.08 with a significance level of 0.021 (<0.05), indicating a significant difference between the experimental and control classes. In addition, more than 60% of students in the experimental class scored above the Minimum Mastery Criteria (KKM). Therefore, the developed problem-based LKPD with a peer tutoring approach was declared valid, highly practical, and effective both classically and statistically in enhancing students’ mathematical reflective thinking abilities. Keywords: LKPD, Problem-Based Learning, Peer Tutoring Strategy, Reflective Mathematical Thinking

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S2 Magister Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 22 Oct 2025 02:32
Terakhir diubah: 22 Oct 2025 02:35
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91663

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir