PENGGUNAAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V B SDN 1 TOTOKATON TAHUN PELAJARAN 2011/2012

0813053044 , Melia Mega Astuti (2012) PENGGUNAAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V B SDN 1 TOTOKATON TAHUN PELAJARAN 2011/2012. UNSPECIFIED.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (85Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover dalam.pdf

Download (363Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover.pdf

Download (161Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar gambar.pdf

Download (42Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar isi.pdf

Download (73Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar lampiran.pdf

Download (49Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar tabel.pdf

Download (52Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
moto.pdf

Download (31Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
pengesahan.pdf

Download (60Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
pernyataan.pdf

Download (61Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
persembahan.pdf

Download (48Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
persetujuan.pdf

Download (75Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
riwayat hidup.pdf

Download (47Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
sanwacana.pdf

Download (74Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (107Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (174Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (194Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (454Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (89Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V B SDN 1 Totokaton Lampung Tengah. Salah satu alternatif mengatasi masalah tersebut digunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL), dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V B. Metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan tiga siklus dan masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan kegiatan, yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Data penelitian diperoleh melalui observasi dan tes formatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model CTL dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Hal ini terbukti dari adanya peningkatan persentase aktivitas siswa dan rata-rata hasil belajar siswa setiap siklusnya. Persentase aktivitas siswa siklus I sebesar 49,08%, meningkat pada siklus II menjadi 62,37% dan pada siklus III meningkat lagi menjadi 80,08%. Begitu pula pada rata-rata hasil belajar siswa yang selalu meningkat dari 59,38 pada siklus I, menjadi 70,79 pada siklus II, dan 84,08 pada siklus III. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan tiga siklus dapat disimpulkan bahwa penggunaan model CTL dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas V B SDN 1 Totokaton. Kata kunci: model Contextual Teaching and Learning (CTL), aktivitas belajar, hasil belajar.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Meda Sulistiana
Date Deposited: 28 Apr 2015 02:34
Terakhir diubah: 19 Oct 2015 04:35
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/9169

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir