Arfian Junianto, 1113053013 (2015) PENERAPAN MODEL ARTIKULASI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IVA SD NEGERI 08 METRO SELATAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (144Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (131Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERNYATAAN.pdf Download (74Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (16Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSEMBAHAN.pdf Download (28Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTTO.pdf Download (23Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (20Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (17Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (42Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (108Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (267Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (592Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (20Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (20Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Pembelajaran IPS di kelas IVA SD Negeri 08 Metro Selatan belum optimal, aktivitas dan hasil belajar siswa belum sesuai harapan. Ketuntasan hasil belajar siswa hanya mencapai 40% dari jumlah seluruh siswa. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model artikulasi dan media power point. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan 2 siklus. Tahapan setiap siklus, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data diperoleh melalui teknik non tes dan tes dengan alat pengumpul data penelitian adalah lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model artikulasi dengan menggunakan media power point dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Nilai aktivitas siswa pada siklus I adalah 69,8 dengan persentase ketuntasan 69%, meningkat pada siklus II menjadi 73,4 dengan persentase ketuntasan 82,5%. Nilai hasil belajar afektif siklus I adalah 76,1 dengan persentase ketuntasan 69%, meningkat pada siklus II menjadi 78,8 dengan persentase ketuntasan 80%. Nilai hasil belajar psikomotor siklus I adalah 76,6 dengan persentase ketuntasan 74,5%, meningkat pada siklus II menjadi 81,0 dengan persentase 82,5%. Nilai hasil belajar kognitif siklus I adalah 67,1 dengan persentase ketuntasan 60%, meningkat pada siklus II menjadi 70,2 dengan persentase ketuntasan 80%. Kata kunci: aktivitas siswa, hasil belajar, model artikulasi, power point.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 8618447 . Digilib |
Date Deposited: | 27 Apr 2015 07:12 |
Terakhir diubah: | 27 Apr 2015 07:12 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/9175 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |