MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI POKOK PECAHAN DENGAN MEDIA TIRUAN DI KELAS III SDN 2 SUKAJAWA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2011-2012

1013069082 , Mei Hariyanti (2012) MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI POKOK PECAHAN DENGAN MEDIA TIRUAN DI KELAS III SDN 2 SUKAJAWA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2011-2012. UNSPECIFIED.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (85Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
pengesahan.pdf

Download (69Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
pernyataan.pdf

Download (62Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
persetujuan.pdf

Download (65Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
riwayathidup.pdf

Download (63Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
sanwacana.pdf

Download (78Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ermasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa terutama pelajaran matematika di kelas III SDN 2 Sukajawa. Begitupun dengan penerapan pembelajaran yang dilakukan guru, masih menggunakan pendekatan yang monoton, yaitu pendekatan dengan metode caramah. Keadaan tersebut sulit untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi pokok pecahan di kelas III SDN 2 Sukajawa melalui media tiruan. Penggunaan media tiruan pada materi pokok pecahan dapat meningkatkan motivasi siswa dan hasil belajar siswa. Dan bagi sekolah dapat meningkatkan kualitas sekolah. Penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ). Prosedur penelitian melalui siklus berdaur ulang. Setiap siklusnya terdiri atas : (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi, dan (4) Refleksi. Data penelitian diperoleh melalui lembar observasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian pembelajaran matematika menggunakan media tiruan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan hasil belajar siswa dari siklus I dan siklus II. Pada siklus I rata-rata hasil tes siswa adalah 59,66%, pada siklus II meningkat menjadi 77,25% Jadi mengalami peningkatan kurang lebih 17,59%. Kata kunci : hasil belajar dan media tiruan

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Meda Sulistiana
Date Deposited: 28 Apr 2015 02:35
Terakhir diubah: 19 Oct 2015 04:38
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/9178

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir