PENGARUH KARAKTERISTIK CEO TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Empiris Perusahaan Subsektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Ghaisani , Putri. ZM (2025) PENGARUH KARAKTERISTIK CEO TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Empiris Perusahaan Subsektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS , UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK GHAISANI - Ghaisani Putri.pdf

Download (183Kb) | Preview
[img] File PDF
skripsi full tanpa lampiran ghaisani - Ghaisani Putri.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1682Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
skirpsi tanpa pembahasan ghaisani - Ghaisani Putri.pdf

Download (1733Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Manajemen laba dapat memengaruhi kredibilitas informasi keuangan perusahaan. CEO sebagai pengambil keputusan utama memiliki peran penting dalam praktik ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh karakteristik CEO, yaitu usia, tingkat pendidikan, dan masa jabatan terhadap manajemen laba pada perusahaan subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2019–2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data sekunder dari 21 perusahaan dan 99 observasi. Analisis dilakukan dengan regresi linear berganda, dengan leverage, profitabilitas, dan sales growth sebagai variabel kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usia CEO berpengaruh negatif terhadap manajemen laba, masa jabatan CEO berpengaruh positif, dan tingkat pendidikan CEO tidak berpengaruh signifikan. Temuan ini menunjukkan bahwa karakteristik tertentu dari CEO dapat memengaruhi kecenderungan perusahaan dalam mengelola laba. Implikasi dari hasil ini dapat menjadi pertimbangan bagi investor, regulator, dan manajemen dalam menilai risiko manipulasi laporan keuangan berdasarkan profil pimpinan perusahaan. Kata Kunci: Manajemen Laba, Karakteristik CEO, Usia CEO, Pendidikan CEO, Masa Jabatan CEO Earnings management is an action that can affect the quality of a company's financial information. As the highest leader, the CEO plays a critical role in strategic decision-making, including in earnings management practices. This study aims to examine the influence of CEO characteristics—namely age, education level, and tenure—on earnings management in food and beverage sub-sector companies listed on the Indonesia Stock Exchange for the 2019–2023 period. A quantitative approach is employed using secondary data from annual reports of 21 companies, with a total of 99 firm-year observations. The data were analyzed using multiple linear regression with leverage, profitability, and sales growth as control variables. The results show that CEO age has a negative effect on earnings management, CEO tenure has a positive effect, while CEO education level shows no significant effect. These findings indicate that the personal characteristics of CEOs influence a company’s tendency to engage in earnings management. This study provides insights for investors, management, and regulators to consider CEO attributes when assessing the risk of financial reporting manipulation. Keywords: Earnings Management, CEO Characteristics, CEO Age, CEO Education, CEO Tenure

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 330 Ekonomi
Program Studi: FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS (FEB) > Prodi S1-Akuntansi
Pengguna Deposit: UPT . Ery Elyasari
Date Deposited: 23 Oct 2025 04:32
Terakhir diubah: 23 Oct 2025 04:32
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91805

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir