HESTI , SUNDARI (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
Abstrak_Hesti Sundari_PGSD - Hesti.pdf Download (17Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Skripsi Cetak Full_PGSD_Hesti Sundari - Hesti.pdf Restricted to Hanya staf Download (1950Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
Skripsi Cetak tnpa pembahasan_PGSD_Hesti Sundari.pdf Download (1488Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan proses sains peserta didik kelas V SD pada pembelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan keterampilan proses sains sekolah dasar. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi experimental dalam bentuk non-equivalent control group design. Penentuan sampel menggunakan teknik sampling jenuh atau total sampling yang termasuk dalam non-probability sampling. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakan regresi linier sederhana menunjukkan hasil yang positif sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dari model pembelajaran berbasis masalah terhadap proses sains peserta didik kelas V SD pada pembelajaran tematik muatan IPA di UPT SDN 01 Karang Umpu. Kata kunci: Keterampilan Proses Sains, Pembelajaran Berbasis Masalah, Sekolah Dasar. The problem in this research was the low level of science process skills of students in V SD class on IPA learning. The study aimed to analyze the impact of a problem- based learning model on improving primary school science process skills. The method used in this research was quasi-experimental in the form of non- equivalent control group design. Sample determination used a saturated sampling technique or a total of samplings included in a non-probability sample. Data analysis techniques used normality tests and homogenity tests. Data collection techniques used tests, observations, and documentation. Testing of the hypothesis used simple linear regression showed a positive result so that it could be concluded that there was a positive influence of the problem-based learning model on the scientific process of students of grade V SD on learning the thematic load of IPA in UPT SDN 01 Karang Umpu. Keywords: Elementary School, Problem Based Learning, Process Science Skills.
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
| Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
| Date Deposited: | 23 Oct 2025 07:23 |
| Terakhir diubah: | 23 Oct 2025 07:23 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91839 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
