PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RADEC BERBANTUAN VIDEO YOUTUBE TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR

PUTRI , YASMIN AL-NAFI (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RADEC BERBANTUAN VIDEO YOUTUBE TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
abstrak indo inggris - Putri yasmin Al-nafi.pdf

Download (174Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL - Putri yasmin Al-nafi.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1491Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
tanpa pembahasan dan lampiran - Putri yasmin Al-nafi.pdf

Download (1376Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Hasil belajar IPAS mencerminkan tingkat penguasaan peserta didik terhadap konsep-konsep yang berkaitan dengan fenomena alam dan sosial di lingkungan sekitar. Rendahnya hasil belajar peserta didik kelas V pada mata pelajaran IPAS di SD Negeri 1 Tanjung Rusia Timur menjadi latar belakang penelitian ini. Rendahnya hasil belajar IPAS peserta didik kelas V di SD Negeri 1 Tajung Rusia Timur disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya yaitu pembelajaran yang masih berpusat pada pendidik, penggunaan model pembelajaran yang belum optimal, serta minimnya variasi media pembelajaran. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran RADEC berbantuan video YouTube terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi experiment design) dengan jenis two group pretest and posttest design. Jumlah populasi sebanyak 238 peserta didik, dengan sampel penelitian sebanyak 40 orang yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes. Hasil uji hipotesis menggunakan regresi linear sederhana menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan Fhitung sebesar 94,272 > Ftabel 4,45. Dengan demikian, Ha diterima, yang berarti terdapat pengaruh model pembelajaran RADEC berbantuan video YouTube terhadap hasil belajar IPAS peserta didik. Kata kunci : hasil belajar, peserta didik kelas V, RADEC, sekolah dasar, YouTube IPAS learning outcomes reflect students’ level of mastery of concepts related to natural and social phenomena in their surrounding environment. The low learning outcomes of fifth-grade students in the IPAS subject at SD Negeri 1 Tanjung Rusia Timur served as the background for this study. Several factors contributed to this low achievement, including teacher-centered learning, the use of suboptimal instructional models, and limited variation in the learning media employed. The main objective of this study is to determine the effect of the RADEC learning model assisted by YouTube videos on students’ learning outcomes. This research employed a quasi-experimental method with a two-group pretest and posttest design. The population consisted of 238 students, and the sample comprised 40 students selected using purposive sampling. Data were collected through testing. The results of the hypothesis test using simple linear regression showed a significance value of 0.000 < 0.05 and an Fcount of 94.272 > Ftable of 4.45. Therefore, the alternative hypothesis (Ha) is accepted, indicating that the RADEC learning model assisted by YouTube videos has a significant effect on students' IPAS learning outcomes. Keywords: elementary school, fifth grade students learning outcomes, RADEC, YouTube

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 23 Oct 2025 07:26
Terakhir diubah: 23 Oct 2025 07:26
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91842

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir