PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA ULAR TANGGA TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR

DINDA , ARISANIA (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA ULAR TANGGA TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT - DINDA ARISANIA.pdf

Download (184Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL - DINDA ARISANIA.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2130Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - DINDA ARISANIA.pdf

Download (2029Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Permasalahan yang menjadi fokus utama dalam penelitian ini ialah rendahnya hasil belajar peserta didik kelas V pada mata pelajaran IPASdi sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media ular tangga terhadap hasil belajar peserta didik kelas V pada mata pelajaran IPAS. Metode dalam penelitian ini adalah quasi experiment group design dengan bentuk yang digunakan non equivalent control group design. Populasi dan sampel penelitian ini berjumlah 40 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan tes, observasi wawancara, dan dokumentasi. Uji hipotesis menggunakan rumus uji regresi linier sederhana denagn hasil 0,00<0,05. Maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil pada penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model problem based learning berbantuan media ular tangga terhadap hasil belajar IPAS pada peserta didik kelas V SD Negeri 10 Metro Timur. Kata kunci: hasil belajar, problem based learning, ular tangga The main problem that became the focus of this study was the low learning outcomes of fifth-grade students in the IPAS subject at elementary school. This study aimed to analyze the effect of applying the Problem Based Learning model assisted by the snakes and ladders media on the learning outcomes of fifth-grade students in the IPAS subject. The method used in this study was a quasi- experimental group design in the form of a non-equivalent control group design. The population and sample of this study consisted of 40 students. Data were collected through tests, observation, interviews, and documentation. The hypothesis test used a simple linear regression formula, resulting in 0.00 < 0.05. Therefore, Ho was rejected and Ha was accepted. The result of this study showed that there was a significant effect of the implementation of the Problem Based Learning model assisted by the snakes and ladders media on the IPAS learning outcomes of fifth- grade students at SD Negeri 10 Metro Timur. Keywords: learning outcomes, problem-based learning, snakes and ladders.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 23 Oct 2025 07:37
Terakhir diubah: 23 Oct 2025 07:37
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91852

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir