1013109060 , SUSMIYATI (2012) ENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA GAMBAR PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 5 BAGELEN GEDUNGTATAAN KABUPATEN PESAWARAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012. UNSPECIFIED.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover dalam.pdf Download (163Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER.pdf Download (146Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar gambar.pdf Download (60Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar isi.pdf Download (78Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar tabel.pdf Download (61Kb) | Preview |
|
|
File PDF
moto.pdf Download (44Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pengesahan.pdf Download (56Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pernyataan.pdf Download (66Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persembahan.pdf Download (50Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persetujuan.pdf Download (64Kb) | Preview |
|
|
File PDF
riwayat hidup.pdf Download (62Kb) | Preview |
|
|
File PDF
sanwacana.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (22Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (64Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (39Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (161Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (6Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Berbicara tentang proses pembelajaran di sekolah kita sering merasa kecewa, apalagi jika dikaitkan dengan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran. Walaupun kita mengetahui bahwa banyak siswa yang mampu menyajikan hafalan yang baik terhadap materi yang diterimanya, pada kenyataannya mereka betulbetul tidak memahami secara mendalam pengetahuan yang bersifat hafalan. Proses pembelajaran pada hakikatnya adalah suatu proses komunikasi, yaitu proses penyampaian pesan (isi atau materi ajar) dari sumber pesan melalui saluran/media tertentu ke penerima pesan (siswa/pebelajar atau mungkin juga guru). Untuk mengatasi kemungkinan hambatan-hambatan yang terjadi selama proses pembelajaran, maka sedapat mungkin dalam penyampaian pesan (isi/materi ajar) dibantu dengan bantuan alat peraga berupa gambar. Diharapkan dengan pendekatan yang dilakuakan dengan alat peraga berupa gambar, proses pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar berlangsung lebih efektif dan efisien. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran IPA dengan menggunakan bantuan alat peraga berupa gambar pada siswa kelas V SD Negeri 5 Bagelen Kecamatan Gedongtataan Kabupaten Pesawaran Tahun Pelajaran 2011/2012. Pengumpulan data dalam penelitian ini, menggunakan instrument berupa lembar pengamatan (observasi) guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan alat peraga berupa gambar dapat meningkatkan aktivitas pada siklus I dengan katagori Sangat Aktif sebesar 0 %, Aktif 10 %, Cukup Aktif 15 %, Kurang Aktif 37,5 % dan Tidak Aktif Sebesar 37,5 %, dan siklus II peningkatan aktivitas belajar siswa dengan katagori Sangat Aktif sebesar 20 %, Aktif 72,5 %, Cukup Aktif 7,5 %, Kurang Aktif 0 % dan Tidak Aktif Sebesar 0 %. dan hasil belajar siswa pada siklus I dalam katagori Tuntas sebesar 15 % dan Tidak Tuntas sebesar 85 % dan meningkat pada siklus II dengan perolehan nilai katagori Tuntas sebesar 90 % dan Tidak Tuntas sebesar 10 %. Kata Kunci : Aktivitas siswa, Hasil belajar, Alat Peraga Gambar.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | UPT . Meda Sulistiana |
Date Deposited: | 28 Apr 2015 02:36 |
Terakhir diubah: | 19 Oct 2015 04:44 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/9189 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |