Eka , Pramesti Putri (2025) HUBUNGAN MINAT DAN KEMANDIRIAN DENGAN HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK KELAS IV SDIT AL-MUHSIN KECAMATAN METRO SELATAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG .
|
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT - Eka Pramesti Putri.pdf Download (180Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL - Eka Pramesti Putri.pdf Restricted to Hanya staf Download (1655Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Eka Pramesti Putri.pdf Download (1540Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Minat dan kemandirian belajar yang tinggi pada peserta didik dapat mendorong mereka untuk lebih aktif dan terlibat dalam proses pembelajaran, sehingga berpotensi meningkatkan pemahaman dan hasil belajar mereka dalam mata pelajaran IPAS. Rendahnya hasil belajar IPAS peserta didik kelas IV SDIT Al- Muhsin Kecamatan Metro Selatan menarik perhatian peneliti untuk menganalisis dan mengetahui sejauh mana perkembangan peserta didiknya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat hubungan antara minat dan kemandirian dengan hasil belajar IPAS peserta didik kelas IV SDIT Al-Muhsin Kecamatan Metro Selatan. Sasaran dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SDIT Al-Muhsin Kecamatan Metro Selatan tahun ajaran 2024/2025. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah ex-post facto korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat dan kemandirian dengan hasil belajar IPAS di SDIT Al-Muhsin Kecamatan Metro Selatan. Kata Kunci: hasil belajar ipas, kemandirian belajar, minat belajar High interest and independence in learning in students can encourage students to be more active and involved in the learning process, thus potentially improving their understanding and learning outcomes in IPAS subjects. The low learning outcomes of IPAS students in grade IV of SDIT Al-Muhsin, Metro Selatan District, attracted the attention of researchers to analyze and find out the extent of student development. The purpose of this study was to see the relationship between interest and independence with IPAS learning outcomes of fourth grade students of SDIT Al-Muhsin, Metro Selatan Subdistrict. The targets in this study were all fourthgrade students of SDIT Al-Muhsin South Metro District in the 2024/2025 academic year. This type of research was quantitative with the research method used in this research was ex-post facto correlation. The results showed that there was a positive and significant relationship between interest and independence with IPAS learning outcomes at SDIT Al-Muhsin, South Metro District. Keywords: ipas learning outcomes, learning independence, learning interest
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
| Pengguna Deposit: | UPT . Siswanti |
| Date Deposited: | 23 Oct 2025 08:39 |
| Terakhir diubah: | 23 Oct 2025 08:39 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91892 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
