Enjelita , Aini Natasya (2025) PENGEMBANGAN MODUL INFORMASI PUBLIK DAN MODUL EVALUASI PADA SISTEM INFORMASI AKADEMIK SMPN 29 BANDAR LAMPUNG BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER 4 DENGAN METODE EXTREME PROGRAMMING. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
Skripsi_Enjel_Sah_Abstrak - Enjelita Aini Natasya.pdf Download (219Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Skripsi_Enjel_Sah - Enjelita Aini Natasya.pdf Restricted to Hanya staf Download (5Mb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
Skripsi_Enjel_Sah_TanpaBAB4 - Enjelita Aini Natasya.pdf Download (3147Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan mengembangkan sistem informasi akademik berbasis website di SMPN 29 Bandar Lampung menggunakan framework CodeIgniter 4. Sistem ini mencakup modul informasi publik dan evaluasi untuk mempermudah akses informasi dan pemantauan hasil belajar secara real-time. Modul informasi publik menyajikan berbagai data sekolah secara terpusat dan transparan, sedangkan modul evaluasi dilengkapi fitur e-raport dan ranking. Metode pengembangan menggunakan Extreme Programming (XP) karena fleksibilitasnya terhadap perubahan. Pengujian dilakukan dengan metode Black-Box menggunakan teknik Equivalence Partitioning untuk fungsionalitas, serta User Acceptance Testing (UAT) untuk aspek non-fungsional. Hasil menunjukkan seluruh fungsi berjalan sesuai dengan spesifikasi, dan tingkat keberhasilan UAT mencapai 86%. Sistem ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi, akurasi, dan transparansi dalam pengelolaan informasi akademik. Penerapan sistem ini juga menjadi langkah awal transformasi digital di lingkungan sekolah. Dengan adanya sistem ini, penyampaian informasi menjadi lebih cepat, mudah, dan terstruktur. Kata kunci: Sistem Informasi Akademik, CodeIgniter 4, Extreme Programming. This study aims to develop a web-based academic information system at SMPN 29 Bandar Lampung using the CodeIgniter 4 framework. The system includes a public information module and an evaluation module to facilitate information access and real-time monitoring of student learning outcomes. The public information module provides centralized and transparent school data, while the evaluation module features e-report cards and ranking. The development method used is Extreme Programming (XP) due to its flexibility in adapting to changes. Testing was conducted using the Black-Box method with the Equivalence Partitioning technique for functional aspects, and User Acceptance Testing (UAT) for non-functional aspects. The results show that all functions operate according to specifications, with a UAT success rate of 86%. This system is expected to improve efficiency, accuracy, and transparency in academic information management. The implementation also represents an initial step toward digital transformation within the school environment. With this system, information delivery becomes faster, easier, and more structured. Keywords: Academic Information System, CodeIgniter 4, Extreme Programming.
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika |
| Program Studi: | FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (FMIPA) > Prodi S1 Ilmu Komputer |
| Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
| Date Deposited: | 24 Oct 2025 05:48 |
| Terakhir diubah: | 24 Oct 2025 05:48 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91913 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
