1013119036, Ngatiman (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN ALAT PERAGA ASLI PADA SISWA KELAS IV SDN 1 TAMBAHREJO KECAMATAN GADINGREJO KABUPATEN PRINGSEWU TP 2011/2012. UNSPECIFIED.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (69Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover dalam.pdf Download (102Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover.pdf Download (102Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar gambar.pdf Download (52Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar isi.pdf Download (69Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar tabel.pdf Download (50Kb) | Preview |
|
|
File PDF
moto.pdf Download (43Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pengesahan.pdf Download (65Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pernyataan.pdf Download (59Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persembahan.pdf Download (62Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persetujuan.pdf Download (64Kb) | Preview |
|
|
File PDF
riwayat hidup.pdf Download (80Kb) | Preview |
|
|
File PDF
sanwancana.pdf Download (83Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar pustaka.pdf Download (86Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (3076Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (3718Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (4Mb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (5Mb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (630Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar matematika pada materi pecahan menggunakan benda asli pada siswa kelas IV SD Negeri I Tambahrejo Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Aspek yang diamati pada tiap siklus adalah aktivitas siswa dan guru, serta proses pembelajaran materi pokok pecahan menggunakan alat peraga asli. Subjek penelitian berjumlah 15 siswa yang terdiri atas 6 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Hasil penelitian kemampuan siswa dalam materi pokok pecahan, setiap siklus mengalami peningkatan. Siklus I, nilai rata-rata siswa 53,80 dengan persentase ketuntasan 13,33%, siswa yang mencapai KKM 2 siswa. Siklus II, nilai rata-rata siswa 67,53 dengan persentase ketuntasan 66,67%, siswa yang mencapai KKM 10 siswa. Siklus III, nilai rata-rata siswa 77,33 dengan persentase ketuntasan 86,67%, siswa yang mencapai KKM 13 siswa. Dari ketiga siklus yang diterapkan, terjadi peningkatan kemampuan siswa dalam materi pokok pecahan. Peningkatan nilai ratarata dari siklus I ke siklus II 13,73, peningkatan persentasenya 53,33%, dan peningkatan jumlah siswa yang mencapai KKM 8 siswa. Peningkatan nilai rata-rata dari siklus II ke siklus III 9,80, peningkatan persentasenya 20%, dan peningkatan jumlah siswa yang mencapai KKM 3 siswa. Berdasarkan indikator keberhasilan pada siklus III, bahwa alat peraga benda asli yang diterapkan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam materi pokok pecahan pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Tambahrejo Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu. Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika dan Alat Peraga Asli
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | UPT . Meda Sulistiana |
Date Deposited: | 28 Apr 2015 02:37 |
Terakhir diubah: | 09 Sep 2015 08:10 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/9193 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |