1013119091 , SUSWATI (2012) UPAYA PENINGKATAN PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV (EMPAT) SDN 3 TEGALSARI KECAMATAN GADINGREJO KABUPATEN PRINGSEWU TAHUN PELAJARAN 2011/2012. UNSPECIFIED.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (69Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover.pdf Download (142Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar gambar.pdf Download (37Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar isi.pdf Download (54Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar lampiran.pdf Download (58Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar tabel.pdf Download (48Kb) | Preview |
|
|
File PDF
moto.pdf Download (42Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pengesahan.pdf Download (52Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pernyataan.pdf Download (48Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persembahan.pdf Download (53Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persetujuan.pdf Download (61Kb) | Preview |
|
|
File PDF
riwayathidup.pdf Download (48Kb) | Preview |
|
|
File PDF
sanwacana.pdf Download (67Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (114Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (152Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (247Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (147Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (67Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar pustaka.pdf Download (78Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya proses dan hasil belajar siswa kelas IV SD pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SD Negeri 3 Tegalsari Kecamatan Gading Rejo. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya metode yang digunakan masih menggunakan metode ceramah. Tujuan penelitian tindakan kelas ini untuk meningkatkan proses dan hasil belajar siswa dengan menggunakan alat peraga pada mata pelajaran IPA. Metode penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas yang berbentuk siklus. Siklus dibagi menjadi 4 tahap. Tiap-tiap siklus meliputi : tahapan perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan alat peraga dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 3 Hal ini dapat dilihat dari persentase aktivitas pembelajaran pada siklus I 55% kemudian pada siklus II menjadi 65% dan pada siklus III proses belajar siswa mencapai 85%. Demikian juga pada hasil belajar siklus I, persentase ketuntasan belajar siswa 60%, pada siklus II meningkat menjadi 65 % dan pada akhir siklus III mencapai 80%. Kata Kunci : Proses dan hasil belajar, alat peraga
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | UPT . Meda Sulistiana |
Date Deposited: | 28 Apr 2015 02:37 |
Terakhir diubah: | 09 Sep 2015 08:07 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/9195 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |