EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY PADA MATERI LARUTAN PENYANGGAUNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS

MELDA , MIFTA KHOIRIYAH SIREGAR (2025) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY PADA MATERI LARUTAN PENYANGGAUNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
MELDA MIFTA K. SRG_ ABSTRAK SKRIPSI (1) - 5A_Melda Mifta.pdf

Download (196Kb) | Preview
[img] File PDF
MELDA MIFTA K. SRG_SKRIPSI FULL (TANPA LAMPIRAN) (1) - 5A_Melda Mifta.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1750Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
MELDA MIFTA K. SRG_SKRIPSI FULL (TANPA PEMBAHASAN) (1) - 5A_Melda Mifta.pdf

Download (1337Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran guided inquiry pada materi larutan penyangga dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI F.1 sampai dengan XI F.4 di SMA Negeri 13 Bandar Lampung pada Tahun Ajaran 2024/2025. Pengambilan sampel pada penelitian dilakukan menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh kelas XI F.2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI F.3 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini merupakan weak experimental dengan Prettest-Posttest Control Group Design. Instrumen yang digunakan adalah tes keterampilan berpikir kritis, skala penilaian keterlaksanaan pem- belajaran dan lembar observasi aktivitas peserta didik. Data penelitian dianalisis dengan uji perbedaan dua rata-rata menggunakan uji Independent Samples t-Test. Hasil uji Independent Sampels t-Test menunjukkan bahwa rata-rata n-gain keterampilan berpikir kritis kelas eksperimen yaitu 0,87 yang berkategori tinggi. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran yang menggunakan model guided inquiry pada materi larutan penyangga efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Kata kunci: guided inquiry, keterampilan berpikir kritis, larutan penyangga This study aims to describe the effectiveness of the guided inquiry learning model on buffer solution materials in improving critical thinking skills. The population in this study is students in grades XI F.1 to XI F.4 at SMA Negeri 13 Bandar Lampung in the 2024/2025 Academic Year. Sampling in the study was carried out using purposive sampling techniques and obtained class XI F.2 as experimental class and class XI F.3 as the control class. This study is a weak experiment with prettest-posttest control group design. The instruments used were critical thinking skills test instruments, learning implementation assessment scales and student ac- tivity observation sheets. The research data was analyzed using a two-average difference test, namely the independent samples t-test. The results of the inde- pendent samples t-test showed that the average n-gain of critical thinking skills in the experimental class was 0.87 which was in the high category. Then, it can be concluded that learning that uses the guided inquiry model on buffer solution ma- terials is effective in improving students' critical thinking skills. Keywords: buffer solutions, critical thinking skills, guided inquiry,

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 27 Oct 2025 02:10
Terakhir diubah: 27 Oct 2025 02:10
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91982

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir