Ratna , Widyastuti (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GOOGLE MAPS TERHADAP MINAT BELAJAR GEOGRAFI SMA MUHAMMADIYAH 2 BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK - Ratna Widyastuti.pdf Download (246Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SKRIPSI FULL - Ratna Widyastuti.pdf Restricted to Hanya staf Download (1613Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN - Ratna Widyastuti.pdf Download (1370Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Minat belajar siswa merupakan salah satu faktor penting dalam keberhasilan pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media google maps terhadap minat belajar geografi pada siswa SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung. Penelitian ini dilaksanakan tahun 2024/2025. Jumlah sampel 74 siswa sebagai sampel yang ditentukan menggunakan cluster random sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, yaitu penelitian yang menggunakan data berupa angka untuk meneliti populasi dan sampel tertentu. Data dikumpulkan melalui angket minat belajar yang disusun berdasarkan lima indikator, yaitu perasaan senang, perhatian belajar, keterlibatan, ketertarikan, dan keinginan belajar. Google maps dipilih sebagai media pembelajaran karena mampu menyajikan tampilan visual spasial yang interaktif dan relevan dengan materi geografi. Dilakukan dengan melalui uji regresi linier sederhana perkelas. Hasil Penelitian kelas X.C menunjukkan tingkat minat belajar geografi yang lebih tinggi dibandingkan kelas X.F, yaitu sebanyak 81,08% siswa kelas X.C berada dalam kategori tinggi, sedangkan di kelas X.F hanya 72,97%. Nilai R Square sebesar 0,959 menunjukkan bahwa sebesar 95,9% Artinya, penggunaan media google maps memiliki pengaruh yang sangat signifikan terhadap minat belajar geografi siswa. Sementara itu, sisanya sebesar 4,1% dijelaskan oleh variabel lain di luar seperti faktor lingkungan, motivasi pribadi, atau metode pembelajaran lainnya. SMA 2 Muhammadiyah Bandar Lampung untuk mempertahankan minat belajar karena hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan google maps berpengaruh terhadap minat belajar. Menjaga minat belajar itu, agar mereka tidak turun ke kategori rendah, dengan memberikan bimbingan belajar tambahan atau pendampingan khusus.Selain itu sebaiknya untuk penelitian selanjutnya disarankan peneliti memperluas sampel dan variabel-variabel yang mempengaruhi lainnya agar hasil penelitian bisa tergeneralisasi. Kata kunci: minat belajar, google maps, pembelajaran geografi, media pembelajaran, kuantitatif.
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 900 Sejarah dan Geografi |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Geografi IPS |
| Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
| Date Deposited: | 27 Oct 2025 02:29 |
| Terakhir diubah: | 27 Oct 2025 02:29 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91989 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
