PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK KELAS V SD

Lia Nanda, Agustina (2025) PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK KELAS V SD. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
File Abstrak_Lia Nanda Agustina - 5G_Lia Nanda Agustina.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img] File PDF
Skripsi full tanpa lampiran_Lia Nanda Agustina - 5G_Lia Nanda Agustina.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2893Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Skripsi tanpa pembahasan dan lampiran _Lia Nanda Agustina - 5G_Lia Nanda Agustina.pdf

Download (2893Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik kelas V pada pembelajaran IPAS. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe make a match berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar IPAS. Metode yang digunakan yaitu metode eksperimen semu (quasi experimental design) dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling dengan jenis teknik sampling jenuh. Populasi dan sampel penelitian adalah seluruh peserta didik kelas V SDN 3 Adipuro dengan jumlah 38 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh dari penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar pada pembelajaran IPAS kelas V SDN 3 Adipuro. Kata Kunci: hasil belajar, IPAS, make a match, media audio visual The problem of this research is the low learning outcomes of fifth-grade students in IPAS learning. The aim of this research is to determine the effect of the cooperative learning model of the make a match type assisted by audio-visual media in IPAS learning outcomes. The method used is a quasi-experimental method with a non- equivalent control group design. The sampling technique used non-probability sampling, specifically the saturated sampling technique. The population and sample in this study consisted of 38 fifth-grade students from SDN 3 Adipuro. Data collection techniques using test and non-test techniques in the form of observation sheets. The results of the study indicated that the use of the cooperative learning model of the Make a Match type assisted by audio-visual media has an effect on learning outcomes in IPAS learning for fifth-grade students at SDN 3 Adipuro. Keywords: audio visual media, IPAS, make a match, outcomes learning

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 27 Oct 2025 02:39
Terakhir diubah: 27 Oct 2025 02:39
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/91993

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir