Juliana Angelica Nauli Rambe, - (2025) PENGARUH MENDONGENG BERBANTUAN MEDIA FLIPCHART TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP BILANGAN ANAK USIA 4-5 TAHUN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACK - Juliana Angelica.pdf Download (268Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL - Juliana Angelica.pdf Restricted to Hanya staf Download (1044Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Juliana Angelica.pdf Download (853Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah pemahaman konsep bilangan anak usia 4-5 tahun belum berkembang secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mendongeng berbantuan media flipchart terhadap pemahaman konsep bilangan anak usia 4-5 tahun. Peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperiment dengan desain non- equivalent control group. Populasi dalam penelitian ini yaitu anak usia 4-5 tahun di TK The Green dan TK Islam Alifah 40 anak. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik sampel jenuh sebanyak seluruh total populasi yaitu 40 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh mendongeng berbantuan media flipchart terhadap pemahaman konsep bilangan yang dibuktikan dengan hasil uji Mann Whitney mendapat nilai 0.000 < 0.05. Hasil uji N-Gain kelas kontrol 0.211 dengan kategori rendah dan kelas eksperimen 0.636 dengan kategori sedang. Hal tersebut membuktikan bahwa mendongeng berbantuan media flipchart memiliki pengarun positif terhadap pemahaman konsep bilangan anak usia 4-5 tahun. Kata Kunci: flipchart, mendongeng, pemahaman konsep bilangan This study addresses the underdeveloped number concept understanding among children aged 4–5 years. This research aims to determine the effect of storytelling using flipchart media on the understanding of number concepts in children aged 4– 5 years. The researcher employed a quantitative approach with a quasi-experimental method using a non-equivalent control group design. The population in this study consisted of 40 children aged 4–5 years from TK The Green and TK Islam Alifah. The sample was selected using a saturated sampling technique, involving the entire population of 40 children. Data collection was conducted through observation. The results of the study indicate that storytelling assisted by flipchart media has an effect on children's understanding of number concepts, as evidenced by the Mann- Whitney test result of 0.000 < 0.05. The N-Gain test results show a score of 0.211 in the control class (low category) and 0.636 in the experimental class (medium category). These results demonstrate that storytelling with the help of flipchart media has a positive influence on the understanding of number concepts in children aged 4–5 years. Keywords: flipchart, storytelling, number concept understanding
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) |
| Pengguna Deposit: | UPT . Ery Elyasari |
| Date Deposited: | 27 Oct 2025 03:04 |
| Terakhir diubah: | 27 Oct 2025 03:04 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92000 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
