PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DITINJAU DARI KECERDASAN NATURALIS SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI SISWA SMA/MA

DEVINTA, KAFRIKA NINGRUM (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DITINJAU DARI KECERDASAN NATURALIS SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI SISWA SMA/MA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ASBTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (269Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (18Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (18Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap kecerdasan naturalis siswa, pengaruh model pembelajaran problem based learning, kecerdasan naturalis terhadap hasil belajar siswa serta interaksi antara model pembelajaran problem based learning dan kecerdasan naturalis terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas XI MA Ma’arif 9 Kotagajah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS 1 dan XI IPS2 yang berjumlah 71 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis ANOVA dua jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning dapat menjadikan kecerdasan naturalis lebih baik pada kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen. Secara keseluruhan hasil dari observasi mengenai model pembelajaran problem based learning yaitu skor yang didapat adalah 86,36 % dan pada kecerdasan naturalis siswa skor yang didapat adalah 86,25% yang masuk dalam kategori sangat baik. Terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar geografi dengan nilai signifikan 0,026. Terdapat pengaruh pengaruh kecerdasan naturalis terhadap hasil belajar geografi dengan nilai signifikan 0,00 dan tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran problem based learning dan kecerdasan naturalis terhadap hasil belajar dengan nilai signifikan 0,264. Kata kunci: problem based learning, kecerdasan naturalis, hasil belajar geografi

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Geografi IPS
Pengguna Deposit: 2507784202 Digilib
Date Deposited: 27 Oct 2025 05:34
Terakhir diubah: 27 Oct 2025 05:34
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92053

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir