Dea , Andini (2025) PENGEMBANGAN LKPD BAHASA INDONESIA BERBASIS MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SD NEGERI 2 SAWAH BREBES. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG .
|
File PDF
ABSTRAK - Dea Andini.pdf Download (115Kb) | Preview |
|
|
File PDF
TESIS FULL - Dea Andini.pdf Restricted to Hanya staf Download (2282Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN - Dea Andini.pdf Download (2966Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SDN 2 Sawah Brebes. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis mind mapping pada mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Borg and Gall yang telah diodifikasi menjadi tujuh langkah pengembangan. Sampel penelitian ini terdiri dari 28 siswa kelas V SDN 2 Sawah Brebes. Data dikumpulkan melalui observasi, angket validasi, tes, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil validasi ahli menunjukkan bahwa LKPD berbasis mind mapping memenuhi kriteria kelayakan dengan skor validasi ahli media memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,73 dengan kategori sangat baik; skor ahli materi memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,30 dengan kategori sangat baik; skor ahli bahasa memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,20 dengan kategori baik. Uji coba lapangan menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan berpikir kritis siswa, dengan nilai N-Gain sebesar 0,59 dengan kategori cukup dan N-Gain persen 59,13% dengan kategori sedang. Hasil uji t menunjukkan sig 2 tailed 0,000 dan dibawah 0,05 dan memenuhi kriteria uji bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pretest (sebelum menggunakan LKPD Bahasa Indonesia berbasis mind mapping) dan posttest (setelah menggunakan LKPD Bahasa Indonesia berbasis mind mapping). Uji effect size yang dilakukan mendapat skor sebesar 2,9 dan masuk kedalam kategori besar. Kata kunci: LKPD, mind mapping, berpikir kritis, Bahasa Indonesia. The problem in this study is the low critical thinking skills of fifth grade students of SDN 2 Sawah Brebes. This study aims to develop a mind mapping-based Learner Worksheet (LKPD) in Indonesian language subjects to improve the critical thinking skills of fifth grade students. The research method used is Research and Development (R&D) with the Borg and Gall development model which has been modified into seven development steps. The sample of this study consisted of 28 fifth grade students of SDN 2 Sawah Brebes. Data were collected through observation, validation questionnaires, tests, and documentation, then analyzed quantitatively and qualitatively. The results of expert validation showed that the mind mapping-based LKPD met the eligibility criteria with the media expert validation score obtaining an average value of 3.73 with a very good category; the material expert score obtained an average value of 3.30 with a very good category; the linguist score obtained an average value of 3.20 with a good category. The field trial showed a significant increase in students' critical thinking skills, with an N- Gain value of 0.59 in the moderate category and an N-Gain percent of 59.13% in the moderate category. The t-test results showed a 2 tailed sig of 0.000 and below 0.05 and met the test criteria that there was a significant difference between the pretest value (before using the mind mapping-based Indonesian Language LPD) and the posttest (after using the mind mapping-based Indonesian Language LPD). The effect size test conducted got a score of 2.9 and fell into the large category. Keywords: student worksheet (LKPD), mind mapping, critical thinking, Indonesian Language.
| Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S2 Magister Keguruan Guru SD (KGSD) |
| Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
| Date Deposited: | 27 Oct 2025 06:50 |
| Terakhir diubah: | 27 Oct 2025 06:50 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92075 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
