Ani , Aprilia Putri (2025) PENGARUH MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 16 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2024/2025). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
Abstrak_Ani Aprilia Putri_2153021003 - Ani Aprilia Putri.pdf Download (208Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Skripsi_Ani Aprilia Putri_2153021003 - Ani Aprilia Putri.pdf Restricted to Hanya staf Download (2853Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
Skripsi_Ani Aprilia Putri_2153021003_Tanpa Bab IV - Ani Aprilia Putri.pdf Download (2587Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media video pembelajaran terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Bandar Lampung tahun pelajaran 2024/2025 sebanyak 264 siswa yang terdistribusi ke dalam sembilan kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII F sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 30 siswa dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 28 siswa yang terpilih dengan teknik purposive sampling. Desain yang digunakan adalah posttest-only control group design. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh dari tes pemahaman konsep matematis siswa. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji Mann-Whitney U diperoleh bahwa pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan video lebih tinggi daripada pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan media video. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Kata Kunci: pemahaman konsep matematis, pengaruh, video pembelajaran This quasi-experimental study aims to determine the effect of instructional video media on students' understanding of mathematical concepts. The population in this study consisted of all eighth-grade students at SMP Negeri 16 Bandar Lampung in the 2024/2025 academic year, totaling 264 students distributed across nine classes. The sample of the study included class VIII F as the experimental group, consisting of 30 students, and class VIII C as the control group, consisting of 28 students, selected using purposive sampling. The research design used was a posttest-only control group design. The data in this study were quantitative, obtained through a test measuring students’ understanding of mathematical concepts Based on the results of hypothesis testing using the Mann-Whitney U test, it was found that students who received instruction using video had a higher understanding of mathematical concepts than those who received instruction without using video media. Therefore, it can be concluded that instructional videos have a significant effect on students' understanding of mathematical concepts. Keywords: effect, instructional video, mathematical concept understanding
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Matematika |
| Pengguna Deposit: | UPT . Siswanti |
| Date Deposited: | 28 Oct 2025 02:48 |
| Terakhir diubah: | 28 Oct 2025 02:48 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92135 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
