PENGARUH PENGGUNAAN PERMAINAN WORDWALL DALAM PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 20 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2024/2025)

Remalia Ayu Septina, - (2025) PENGARUH PENGGUNAAN PERMAINAN WORDWALL DALAM PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 20 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2024/2025). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK_REMALIA AYU SEPTINA - Remalia Ayu Septina.pdf

Download (185Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL_REMALIA AYU SEPTINA_DIGILIB - Remalia Ayu Septina.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2754Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN_REMALIA AYU SEPTINA_DIGILIB - Remalia Ayu Septina.pdf

Download (2451Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan permainan Wordwall dalam pembelajaran guided inquiry learning terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan pretest- posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Ajaran 2024/2025 yang terdistribusi dalam 10 kelas. Sampel penelitian dipilih melalui teknik purposive sampling yaitu kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dan VIII-B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes. Analisis data gain dilakukan menggunakan uji Mann-Whitney U. Hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang menggunakan permainan Wordwall dalam pembelajaran guided inquiry learning lebih tinggi daripada peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang tanpa menggunakan permainan Wordwall dalam pembelajaran guided inquiry learning. Dengan demikian, permainan Wordwall dalam pembelajaran guided inquiry learning berpengaruh terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Kata kunci: guided inquiry learning, kemampuan penalaran matematis, Wordwall This research aims to determine the effect of using Wordwall game in guided inquiry learning on students' mathematical reasoning ability. This research is a quasi experiment with a quantitative approach and uses pretest-posttest control group design. The population in this study were VIII grade students of SMP Negeri 20 Bandar Lampung even semester of the 2024/2025 academic year which were distributed in 10 classes. The research sample was selected through purposive sampling technique, namely class VIII-A as the experimental class and VIII-B as the control class. The data collection technique used in this research is the test technique. Data gain analysis was performed using the Mann-Whitney U test. The results of the research concluded that the improvement of students' mathematical reasoning ability using Wordwall game in guided inquiry learning is higher than the improvement of students' mathematical reasoning ability without using Wordwall game in guided inquiry learning. Thus, Wordwall game in guided inquiry learning has an effect on students' mathematical reasoning ability. Keywords: guided inquiry learning, mathematical reasoning ability, Wordwall

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: UPT . Ery Elyasari
Date Deposited: 28 Oct 2025 03:29
Terakhir diubah: 28 Oct 2025 03:29
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92150

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir