Putri, Imasari Isnaeni (2025) THE INCORPORATION OF PICTURE IN THINK, PREDICT, READ, AND CONNECT (TPRC) STRATEGY TO IMPROVE STUDENTS’ READING COMPREHENSION. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK - Putri Imasari Isnaeni.pdf Download (8Mb) | Preview |
|
|
File PDF
2. TESIS FULL - Putri Imasari Isnaeni.pdf Restricted to Hanya staf Download (5Mb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
3. TESIS TANPA PEMBAHASAN - Putri Imasari Isnaeni.pdf Download (5Mb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) apakah ada perbedaan yang signifikan dari pemahaman bacaan siswa antara mereka yang diajarkan melalui gambar dalam strategi TPRC dan mereka yang diajarkan melalui strategi TPRC asli, 2) aspek membaca siswa yang paling meningkat setelah diajarkan melalui gambar dalam strategi TPRC, dan 3) aspek membaca siswa yang paling meningkat setelah diajarkan melalui strategi TPRC asli. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen-sebenarnya. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas delapan SMP Islam 1 Kalirejo. Peneliti menggunakan dua kelas, kelompok eksperimen dan kelompok kontrol di mana kelompok eksperimen menggunakan penggabungan gambar dalam strategi TPRC sedangkan kelompok kontrol menggunakan strategi TPRC asli. Hasil uji-t kelompok independen menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan secara statistik dari prestasi pemahaman bacaan siswa antara kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan tingkat signifikansi pada kedua kelas di bawah 0,05. Rata-rata kelas eksperimen (77,80) lebih tinggi daripada kelas kontrol (68,42). Selain itu, penggabungan gambar dalam strategi TPRC juga memiliki efek yang signifikan secara statistik pada lima aspek pemahaman bacaan terutama dalam menentukan ide pokok, dan di kelas kontrol, mengidentifikasi referensi adalah aspek yang paling meningkat di antara aspek-aspek lainnya, yaitu, mengidentifikasi informasi spesifik, membuat inferensi, dan memahami kosakata. Hal itu terungkap dari skor gain dari rata-rata pre-test dan post-test dengan tingkat signifikansi kurang dari 0,05. Dapat disimpulkan bahwa penggabungan gambar dalam strategi TPRC dapat meningkatkan pemahaman bacaan siswa. Selain itu, disarankan agar guru secara aktif memantau interaksi siswa dan menerapkan strategi untuk memastikan semua siswa terlibat secara setara. Kata Kunci: TPRC Strategy, Picture, Reading Comprehension The objectives of this research are to find out: 1) whether there is a significant difference of the students' reading comprehension between those who are taught through picture in TPRC strategy and those who are taught through the original TPRC strategy, 2) the aspect of students’ reading which enhances the most after being taught through picture in TPRC strategy, and 3) the aspect of students’ reading which enhances the most after being taught through original TPRC strategy. This research used true-experimental design. The research was conducted at the eighth-grade students of SMP Islam 1 Kalirejo. The researcher used two classes, experimental and control group in which experimental group used the incorporation of picture in TPRC strategy while the control group used the original TPRC strategy. The results of independent group t-test showed that there was a statistically significant difference of students’ reading comprehension achievement between the control and the experimental classes with the significant level on both classes is below 0.05. The mean of experimental class (77.80) is higher than the control class (68.42). In addition, the incorporation of picture in TPRC strategy also had a statistically significant effect on five aspects of reading comprehension especially on determining main idea, and in the control class, identifying reference is the most increasing aspect among the other aspects, that is, identifying specific information, making inference, and understanding vocabulary. It is revealed from the gain score from the mean of pre-test and post-test with the significant levels of less than 0.05. It can be concluded that the incorporation of picture in TPRC strategy can improve the students’ reading comprehension. In addition, it is suggested that teachers should actively monitor student’s interactions and implement strategies to ensure all students are equally engaged. Keywords: TPRC Strategy, Picture, Reading Comprehension
| Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial 400 Bahasa 400 Bahasa > 420 Bahasa Inggris dan Inggris kuno (Anglo-Saxon) |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S2 Magister Pendidikan Bahasa Inggris |
| Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
| Date Deposited: | 28 Oct 2025 03:31 |
| Terakhir diubah: | 28 Oct 2025 03:31 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92153 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
