PENGARUH MODEL RADEC TERHADAP HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV SD

ERNAWATI, - (2025) PENGARUH MODEL RADEC TERHADAP HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV SD. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (253Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1053Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (959Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Higher Order Thinking Skill (HOTS) merupakan proses berpikir untuk menganalisis, mengevaluasi, dan menciptakan. Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya HOTS peserta didik pada pembelajaran IPAS kelas IV SD Negeri 1 Metro Utara. Tujuan penelitian yaitu mengetahui pengaruh model RADEC terhadap HOTS peserta didik serta perbedaan HOTS pada peserta didik kelas IVB dengan model PBL dan IVC dengan model RADEC. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis desain quasi experimental tipe nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini sebanyak 76 orang dengan jumlah sampel 50 peserta didik yang diperoleh melalui teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa tes soal pilihan ganda dan essay serta non tes dengan observasi. Analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana dan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa (1) terdapat pengaruh model RADEC terhadap Higher Order Thinking Skills (HOTS) peserta didik dengan nilai signifikansi uji regresi linier sederhana sebesar 0,000<0,05 (2) terdapat perbedaan Higher Order Thinking Skills (HOTS) antara peserta didik kelas eksperimen dengan model RADEC dan kelas kontrol dengan model PBL dengan nilai signifikansi uji-t sebesar 0,047<0,05. Kata Kunci: higher order thinking skills, IPAS, RADEC, sekolah dasar

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2507684138 Digilib
Date Deposited: 28 Oct 2025 06:48
Terakhir diubah: 28 Oct 2025 06:48
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92157

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir