PENGARUH METODE MENDONGENG TERHADAP KEMAMPUAN EMPATI ANAK USIA 5-6 TAHUN

Fioren, Tina (2025) PENGARUH METODE MENDONGENG TERHADAP KEMAMPUAN EMPATI ANAK USIA 5-6 TAHUN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACK - Fioren Tina.pdf

Download (177Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL - Fioren Tina.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1815Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Fioren Tina.pdf

Download (1675Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan empati anak usia 5-6 tahun di TK Amarta Tani Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode mendongeng terhadap kemampuan empati anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Metode yang digunakan adalah pre-eksperimental dengan desain one group pretest-posttest design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 17 anak. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi menggunakan lembar ceklis. Analisis data dilakukan dengan uji hipotesis menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode mendongeng berpengaruh terhadap kemampuan empati anak. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan uji Wilcoxon yang menunjukkan nilai Asymp. Sig. < 0,001, yang berarti terdapat pengaruh positif dan signifikan antara metode mendongeng terhadap kemampuan empati pada anak usia 5–6 tahun. Kata kunci: Anak usia dini, metode mendongeng, kemampuan empati The problem addressed in this study is the level of empathy in children aged 5–6 years at TK Amarta Tani, Bandar Lampung. The aim of this research is to determine the effect of storytelling methods on the empathy abilities of children aged 5–6 years. This study employs an experimental research design with a quantitative approach. The research method used is pre-experimental with a one- group pretest-posttest design. The sampling technique applied is random sampling, with a total sample of 17 children. Data were collected through observation using a checklist. The hypothesis was tested using the Wilcoxon signed-rank test. The results of the study indicate that the storytelling method has a significant effect on children's empathy. This is supported by the Wilcoxon test result showing an Asymp. Sig. value of <0.001, which indicates a positive effect of storytelling on the empathy development of children aged 5–6 years. Keywords: Early childhood, storytelling method, empathy skills

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Anak Usia Dini PG-PAUD
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 28 Oct 2025 04:36
Terakhir diubah: 28 Oct 2025 04:36
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92183

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir